Breaking

blog single post
Printing

Awal Mula Mug

Saat ke undangan, Anda pasti pernah mendapatkan souvenir berupa mug. Anda pernah bertanya-tanya bagaimana  asal muasal mug? Di artikel ini, PrinterQoe akan membahasnya.


Apa Itu Mug?

Mug atau juga ditulis mok merupakan tipe alat minum sejenis cangkir yang biasanya digunakan untuk meminum minuman panas seperti teh, kopi, ataupun cokelat panas. Mug memiliki pegangan disampingnya dan mampu menampung cairan yang lebih banyak dari jenis alat minum lainnya. Biasanya  mug menampung sekitar 350 ml cairan atau setara dengan dua cangkir teh.


Sejarah Hadirnya Mug

Di zaman dahulu, mug terbuat dari pahatan kayu atau tulang, maupun tanah liat. Sementara mug modern terbuat dari keramik. Tak hanya keramik, beberapa mug terbuat dari kaca yang diperkuat dengan pyrex, polimer, baja, dan enamel.

SM (Sebelum Masehi)

Kerajinan tanah liat pertama dibentuk menggunakan tangan yang diperkirakan berusia antara 6500 SM sampai 3000 SM. Sayangnya terdapat kekurangan dari mug tanah liat ini yaitu ketebalan dinding mug yang tidak cocok digunakan mulut manusia.

Di masa ini, mug juga terbuat dari logam yang terbuat dari perunggu, perak, hingga emas. Sayangnya mug dari logam sulit digunakan untuk meminum minuman panas.

Masehi

Pada tahun 600 M, ditemukannya porselen di Cina membawa era baru mug berdinding tipis yang cocok untuk minuman panas maupun minuman dingin. Dan mug jenis ini masih banyak digunakan hingga saat ini.

Saat Ini

Sampai dengan saat ini, mug terus mengalami perkembangan terutama dari sisi desainnya. Kini badan mug dapat disablon dengan beragam pola dan warna. Tak heran mug juga digunakan sebagai media promosi usaha, souvenir ulang tahun sampai dengan souvenir pernikahan. Tak hanya menjadi media promosi, mug juga dapat digunakan sebagai hadiah ulang tahun atau sebagai koleksi karena bentuk dan warnanya yang unik dan menarik. Selain itu, dengan beragam kegunaannya, mug merupakan media promosi yang harganya lebih murah dibanding lainnya.


Itu tadi penjelasan singkat tentang sejarah hadirnya mug dalam kehidupan manusia.



Baca Juga : Memilih Jasa Print Kekinian


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu