Breaking

blog single post
Technology

Awal Mula Fotografi

Melihat beragam moment di kehidupan sehari-hari, Anda suka mengcapture-nya. Anda sangat suka melihat pameran fotografi di berbagai acara komunitas. Bisa jadi Anda hobi dengan dunia fotografi. Setiap kali Anda memotret, Anda akan menemukan sebuah kesenangan tersendiri. Layaknya terapi, fotografi membuat Anda happy setiap kali menemukan spot atau moment untuk diabadikan.

 


Sebelum PrinterQoe memberikan informasi mengenai manfaat apa saja yang dapat Anda dapatkan dari kegiatan memotret, taka da salahnya Anda para pecinta fotografi mengenal terlebih dahulu darimana asal mula fotografi di kehidupan manusia.


Sejarah Munculnya Fotografi.

1554 – Gemma Fricius membuat sebuah kotak penangkap bayangan gambar, sebuah alat yang mulanya untuk meneliti konstalasi bintang.


1558 - Ilmuwan Italy Giambattista Della Porta menyebut "camera obscura" pada sebuah kotak kosong yang membantu pelukis menangkap bayangan gambar.

1727 - Johann Heinrich Schulze menemukan bahwa cairan tertentu akan berubah warnanya jika diekspos ke sinar.


Awal Abad ke-19 - Thomas Wegwood melakukan sebuah percobaan menangkap citra sebuah objek meski tidak bertahan lama.

1824 - Foto pertama berhasil dibuat oleh seniman lithography Prancis Nicéphore Niépce. Niépce membuat foto dengan pelat logam yang disinari dalam camera obscura selama delapan jam.


1824 -  Di tahun yang sama, William Henry Fox Talbot menemukan cikal bakal film negatif modern yang terbuat dari lembar kertas beremulsi yang bisa digunakan untuk mencetak foto dengan cara contact print (print yang dibuat tanpa pembesaran / pengecilan) juga bisa digunakan untuk cetak ulang layaknya film negatif modern.


1850 -  Seorang ahli kimia Inggris bernama Robert Bingham memperkenalkan penggunaan collodion sebagai emulsi foto, yang saat itu cukup populer dengan sebutan wet-plate photography. Walaupun cukup rumit, proses collodion ini banyak digemari fotografer karena dianggap cukup menjanjikan. Sejak saat itulah fotografi mulai intens melayani kebutuhan pers.

1887 – Di bulan april, surat kabar pertama yang memuat gambar sebagai berita adalah The Daily Graphic pada 16 April 1877. Gambarnya di surat kabar itu adalah peristiwa kebakaran.


1888 - George Eastman, seorang ilmuwan Amerika, menciptakan revolusi fotografi dunia yang merupakan hasil penelitiannya sejak 1877. Eastman menjual produk baru dengan merek Kodak yang terkenal dengan nama Eastman’s Kodak, yaitu berupa sebuah kamera kotak kecil dan ringan, yang telah berisi rol film (dengan bahan kimia Perak Bromida) untuk 100 exposure.


Nah! Lumayan panjang penjelasan perihal sejarah lahirnya fotografi. Seperti yang telah dikatakan di awal, bagi pecinta fotografi, saat Anda memotret ada kebahagiaan tersendiri  yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Lantas manfaat apalagi yang bisa di dapat saat Anda menggeluti dunia fotografi?


Pertama, menguasai perkembangan teknologi kamera.

Dengan menekuni dunia fotografi atau sebagai seorang fotografer, mau tak mau Anda harus mempelajari dan mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah kamera baik kamera mandiri maupun kamera ponsel.


Kedua, mengetahui teknik fotografi.

Kelebihan dari mempelajari teknik fotografi, apalagi di era digital seperti sekarang, dimana Anda dapat belajar melalui internet, Anda dapat mengambil foto dengan hasil lebih baik lagi.
salah satu panduan fotografi dasar yang harus diketahui oleh fotografer pemula adalah Rule Of Third. Rule of third atau aturan sepertiga sendiri merupakan petunjuk, atau aturan dasar untuk memudahkan fotografer mengambil gambar atau foto dengan komposisi yang pas.

Ketiga, mengetahui konsep fotografi.

Sebagai seorang fotografer, Anda lebih baik menentukan salah satu konsep fotografi untuk ditekuni. Beberapa konsep fotografi antara lain foto konsep tempo dulu atau lebih dikenal sebagai hitam putih, vintage, siluet, glamour, imajinasi, dan lain-lain.


Itulah beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika menggeluti dunia fotografi. Dapat Setelah memotret, Anda dapat mencetak hasil memotret untuk skedar koleksi atau bahkan di pamerkan dalam sebuah pameran seni fotografi.


Mengapa biaya produksi cetak foto lebih murah?

Karena Anda bisa menggunakan PrinterQoe sebagai sarana untuk pencetakan dokumen foto  Anda secara online.


Mengapa PrinterQoe?

Karena PrinterQoe merupakan platform pencetakan dokumen yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan cetak dokumen penting seperti foto melalui PrinterQoe, Anda akan mendapatkan beragam informasi akurat

mengenai harga dan jasa printing dokumen secara online. Dengan PrinterQoe, mencetak dokumen bisa dilakukan di lokasi yang terdekat dengan Anda. Hasil print pun dijamin berkualitas.

 

 

Baca Juga : Teknologi Foto Beserta Media untuk Mencetaknya


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu