Breaking

blog single post
Graphic Art

Arti Pemilihan Warna Logo Perusahaan dalam Psikologi

Warna secara tidak langsung memberikan dampak psikologi dari yang melihatnya. Dengan begitu, memilih warna yang tepat sesuai brand yang akan dibangun perusahaan merupakan sebuah kewajiban yang tidak terbantahkan.

 

Dengan kata lain, warna bisa menjadi media komunikasi dalam menyampaikan nilai serta branding dari sebuah perusahaan secara cepat dan mendalam. Dianggap cepat dan mendalam karena visual logo bisa dilihat secara langsung dan terekam dalam ingatan mereka. Misalnya, saat Kamu melihat logo McD yang berwarna merah dan kuning menyala, yang terbayang adalah ambience perusahaan yang ceria, menyenangkan, dan bisa dinikmati semua usia.

 

Baca Juga: Perusahaan Terkenal yang Melakukan Rebranding Logo

 

Perumpamaan di atas hanya untuk membuatmu lebih paham mengenai psikologi warna yang pada branding sebuah perusahaan tidak hanya pada sebuah logo. Lebih lanjut, Kamu akan memahami berbagai makna dan karakter warna. Dengan begitu, Kamu bisa menyesuaikan dengan branding perusahaan yang sedang Kamu bangun.

 

Merah

Merah merupakan warna salah satu dari tiga warna premier. Merah mempunyai nilai yang sangat dominan sehingga paling sering digunakan untuk menarik perhatian lebih. Merah mampu merangsang saraf, kelenjar adrenal, dan saraf sensorik.

 

Seperti warna api, merah memiliki nuansa panas yang berkobar-kobar. Bila Kamu ingin mengambarkan perusahaan yang bergerak di bidang energi dan sebagian besar aktivitas perusahaan menggunakan api pilih lah warna merah.

 

Sisi negatif api adalah bergejolak dan agresif. Merah bisa menjadi pemanis pada warna netral, dengan begitu orang bisa melihat branding warna yang Kamu tetapkan.

 

Kuning

Masih membicarakan warna premier dan kuning termasuk di dalamnya. Kuning seperti matahari yang merupakan tanda bahwa malam sudah berlalu. Dengan demikian kuning dianalogikan sebagai petanda. Ini juga yang digunakan pada sebuah lampu kendaraan, Kuning sebagai penanda saat Kamu ingin berbelok dan pengngelihatan jalan tetapi tidak menyilaukan. Kuning juga mampu menembus cahaya dan jangkauan yang jauh.

 

Warna lebih kuat kedua setelah merah dalam pancaran energi.  Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak. Bila Kamu ingin mempunyai logo perusahaan yang menarik perhatian, kuning bisa menjadi pilihan selain merah.

 

Biru

Biru sebagai perwakilan air yang bersifat tenang dan bisa menyesuaikan diri di berbagai tempat. Biru merupakan satu-satunya warna premier yang tidak melambangkan energi panas seperti merah dan kuning. Biru lebih berkarakter dingin. Pada logo perusahaan, biru melambangkan profesionalitas, ketenangan, dan kepercayaan.

 

Baca Juga: Pentingnya Sebuah Logo untuk Branding Perusahaan

 

Hitam

Hitam merupakan perwakilan dari gelap. Hitam berkarakter misterius dan elegan. Di sisi lain, gelap menggambarkan kesuraman dan kematian. Warna ini bersifat netral, sehingga bisa menjadi pilihan mendampingi warna utama logo.

 

Putih

Putih berkarakter kejujuran, kemurnian, dan cahaya. Putih merupakan warna netral dan mampu memantulkan cahaya. Dengan demikian. Pergunakan sebaik mungkin karena bisa membuat silau dan memusingkan.

 

Jingga

Kombinasi antara dua warna panas merah dan kuning. Jingga lebih hangat seperti mentari senja dan stabil tidak seperti api. Seperti warna utamanya, Jingga cocok untuk menarik perhatian.

 

Ungu

Perpaduan antara biru dan merah. Ungu mempunyai dua karakter yang berseberangan. Dengan demikian, ungu menjadi warna yang bijak dan pengendalian.

 

Hijau

Hijau perpaduan antara kuning dan biru, seperti matahari dan air. Mereka seperti alam yang saling mengisi dan menciptakan kehidupan. Hijau juga menjadi perwakilan dari alam dan hutan. Dengan kata lain, hijau menjadi lambang kemakmuran dan kebijakan. Selain itu, hijau bisa menjadi perwakilan regenerasi, kesehatan, dan kesejukan.

 

Jumlah warna sangatlah banyak hingga ratusan juta, namun hanya ada tiga warna primer dengan Kamu bisa menilai dari penggabungan warna dan mana yang lebih dominan. Itulah cara membaca karakter atau psikologi warna yang tepat.

 

Setelah mengetahui jumlah warna yang sangat banyak, mungkin Kamu akan kebingungan dengan hasil cetak apakah akan sesuai keinginan dengan branding yang dibangun. Kamu bisa memilih jasa Printerqoe. Printerqoe mempunyai aplikasi print online yang sangat muktahir dalam dunia cetak.

 

Baca Juga: Perhatikan 7 Fungsi Warna dalam Desain Grafis Ini Sebelum Mencetak

 

Dengan aplikasi print online milik Printerqoe Kamu tidak perlu lagi kebingungan. Pasalnya, aplikasinya sangat mudah digunakan meski itu untuk pemula. Tidak seperti aplikasi print online milik pesaing yang sangat merepotkan. Terlebih lagi, Kamu harus belajar dan memahami sendiri.

 

Dengan menggunakan aplikasi print online milik PrinterQoe.com, Kamu tidak perlu membuang waktu untuk urusan remeh temeh. Kamu bisa mengalokasikan waktu pada aktivitas yang lebih penting.

 

Percayakan saja semua kebutuhan cetak Kamu pada PrinterQoe.com yang sudah sangat profesional. PrinterQoe.com  sudah sangat berpengalaman dalam dunia cetak-mencetak sehingga sangat minim masalah dari hasil cetak Kamu menggunakan aplikasi print online milik PrinterQoe.com

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu