Breaking

blog single post
Daily Things

Apakah Penggandaan Buku Fotokopi Melanggar Hak Cipta?

Saat berada di sekolah, kuliah, maupun sudah bekerja, pasti Kamu pernah menemukan buku dalam bentuk fotokopi. Seringkali yang Kamu temukan adalah penggandaan buku pelajaran. Penggandaan buku biasanya dilakukan dengan melakukan fotokopi terhadap buku aslinya. Daripada harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli buku asli, biasanya Kamu memilih untuk memfotokopinya saja.


Tetapi, pernahkah Kamu berpikir apakah tindakanmu melanggar hak cipta? Karena. Setiap karya termasuk buku memiliki hak cipta. Apabila melakukan sesuatu yang melanggar undang-undang hak cipta, pihak penulis dapat melakukan gugatan akibat adanya penggandaan buku tersebut. 

 

Tidak banyak yang mengetahui undang-undang hak cipta. Untuk mengetahui apakah tindakan memfotokopi buku melanggar hak cipta atau tidak, ada beberapa undang-undang yang harus Kamu ketahui terlebih dahulu.

 

Menurut Pasal 1 angka 12 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta atau UU Hak Cipta, dijelaskan bahwa penggandaan adalah “proses, perbuatan, atau cara menggandakan satu salinan Ciptaan dan/atau fonogram atau lebih dengan cara dan dalam bentuk apapun, secara permanen atau sementara.”


Baca Juga: Trik dan Tips Memilih Tempat Print A3 Murah

 

Artinya, melakukan fotokopi buku adalah bentuk dari penggandaan itu sendiri.

 

Dalam Pasal 9 ayat (3) UU Hak Cipta terdapat penjelasan yang mengatakan bahwa “Setiap orang yang tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dilarang melakukan Penggandaan dan/atau Penggunaan Secara Komersial Ciptaan”

 

Dalam pasal tersebut, apabila Kamu melakukan fotokopi buku begitu saja entah di jasa print online dan jasa fotokopi manapun, seolah Kamu bisa saja melanggar undang-undang tersebut.

 

Dalam UU yang sama di Pasal 46, menyebutkan bahwa “Penggandaan untuk kepentingan pribadi atas Ciptaan yang telah dilakukan Pengumuman hanya dapat dibuat sebanyak 1 (satu) salinan dan dapat dilakukan tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta.”

 

Terdapat juga pembatasan hak cipta dalam Bab VI UU Hak Cipta. Melalui Pasal 44 ayat (1) Poin a terdapat pengecualian di mana penggandaan sebagai keperluan pendidikan tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta jika menyebutkan sumbernya. 

 

Selain membahas mengenai tindakan penggandaan buku, ternyata UU Hak Cipta juga membahas penggandaan buku dari sisi tempat perdagangan itu sendiri. Sebagaimana yang tertulis dalam UU Hak Cipta di Pasal 144 adalah “Setiap orang yang mengelola tempat perdagangan dalam segala bentuknya yang dengan sengaja dan mengetahui membiarkan penjualan dan/atau penggandaan barang hasil pelanggaran Hak Cipta dan/atau Hak Terkait di tempat perdagangan yang dikelolanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).”

 

Tentunya, tempat penggandaan yang dimaksud mencakup semua jasa fotokopi yang ada. Tidak terkecuali jasa print online yang kini lebih dikenal dan dapat ditemui di mana saja. Hal ini dikarenakan jasa print online juga termasuk ke dalam jasa yang melayani penggandaan dalam bentuk apapun termasuk gambar.

 

Pasal 99 dalam UU Hak Cipta menjelaskan bahwa pemegang Hak Cipta dapat mengajukan gugatan ganti rugi pelanggaran Hak Cipta atau produk Hak Terkait. Setelah mempelajari beberapa undang-undang yang mengatur Hak Cipta, kini Kamu menjadi paham apa saja yang boleh dan tidak boleh Kamu lakukan dalam melakukan penggandaan buku. Selama digunakan untuk sisi pendidikan dan hanya digandakan sebanyak satu kali, hal tersebut dianggap tidak melanggar undang-undang.

 

Baca Juga: Bahasa Indonesia Memiliki Beragam Jenis Kata, Sudah Kenal?
 

Sayangnya, terkadang ada jasa print online maupun jasa fotokopi yang tidak bertanggung jawab. Mereka biasanya melakukan penggandaan buku dalam jumlah banyak dan ditujukan untuk kepentingan komersial. Oleh karena itu, karena ada banyak jasa fotokopi dan percetakan, pastikan bahwa Kamu sudah memilih jasa print online yang berkualitas. Jasa print online yang berkualitas akan membantu Kamu menyelesaikan segala kebutuhan dan sudah pasti aman, rekomendasi yang bagus buat Kamu di PrinterQoe.com.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu