Breaking

blog single post
Value

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika akan Membeli Printer Laser?

Dunia percetakan saat ini memang makin lama makin tergeser dengan keberadaan media digital. Akan tetapi, keberadaan media cetak tetap tidak dapat disingkirkan seutuhnya. Dengan adanya perkembangan teknologi, keberadaan dunia cetak masih bisa dipertahankan dan memiliki nilai yang tidak dapat tergantikan. Salah satu teknologi tersebut adalah teknologi print laser. Teknologi ini merupakan teknologi yang sangat menguntungkan karena dapat melakukan pencetakan dengan biaya yang minim meski termasuk dalam sistem printing digital yang modern. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli jenis printer ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya.


Masalah kecepatan

Printer laser merupakan printer yang masuk dalam salah satu sistem pencetakan modern dan merupakan teknologi printer yang sangat populer karena kecepatan cetak yang dimilikinya. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin membeli mesin percetakan laser pastikan Anda membeli printer yang menawarkan kecepatan dan tentunya kualitas gambar yang baik. Hal ini sangat penting terutama jika Anda merupakan jasa yang menjalankan bisnis percetakan.


Masalah kualitas gambar

Printer laser merupakan printer yang bekerja dengan menggunakan toner bubuk. Jika Anda membeli mesin laser dengan teknologi terbaru Anda mungkin akan mendapatkan kualitas gambar yang baik mendekati printer tinta cair yang normal. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil printing yang berkualitas mirip dengan mesin printer dengan tinta cair maka anda bisa membeli printer yang menawarkan resolusi 600 dpi (dot per inch) untuk kualitas printer yang normal. Tapi jika Anda ingin kualitas yang lebih baik, printer dengan resolusi 1200 dpi akan lebih memuaskan dan memberikan hasil yang mendekati hasil print pada umumnya.


Biaya cetak

Selain mengenai kecepatan dan juga kualitas gambar, hal lain yang perlu diperhatikan ketika anda menjalankan bisnis percetakan dan ingin menggunakan printer dengan teknologi laser adalah biaya cetak yang akan digunakan di setiap lembarnya. Mesin laser berwarna memang memiliki harga printer yang tentunya lebih mahal dibandingkan dengan mesin printer yang dijalankan dengan menggunakan tinta cair, akan tetapi biaya penggunaan atau biaya cetak yang dihasilkan memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan biaya cetak dengan menggunakan mesin printer. Hal ini merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan terutama jika Anda menggunakan mesin cetak yang Anda beli untuk keperluan bisnis. Makin minim biaya yang dikeluarkan untuk percetakan, maka makin besar keuntungan yang akan didapatkan.


Cari mesin yang memiliki efektivitas kerja

Mesin percetakan dengan teknologi laser tidak hanya memiliki kelebihan di bidang kecepatannya. Ketika Anda memilih jenis printer laser untuk dibelipun, kecepatan tidak hanya menjadi hal yang perlu diperhatikan. Selain itu ada kualitas resolusi, biaya yang akan digunakan untuk mencetak dan juga efektivitas kerja mesin juga perlu diperhatikan. Pada dasarnya, mesin laser merupakan mesin yang memiliki kapasitas kerja yang tinggi dan memiliki kecepatan kerja yang efektif. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakannya dalam percetakan skalabesar, maka pastikan Anda mencari print laser yang memiliki banyak tray untuk tempat kertas.


Mesin laser yang berkualitas akan menyediakan banyak tray untuk keperluan percetakan dalam skala yang besar, bahkan kemampuan untuk melakukan pencetakan bolak-balik. Keberadaan multiple tray dan juga sistem pencetakan bolak balik tentunya akan memudahkan pekerjaan Anda. Hal ini tentu akan terasa jika Anda melakukan pencetakan gambar berwarna dengan jumlah yang besar.


Dengan memilih printer laser tentu Anda sudah mendapatkan banyak keuntungan, terutama jika dibanding dengan print inkjet dengan tinta cair. Akan tetapi di antara mesin-mesin laser yang ada, tentu Anda harus memilih yang terbaik. Hal ini disebabkan karena harga print laser memang tidak murah jika dibandingkan dengan mesin percetakan yang menggunakan tinta. Oleh karena itu pilih yang akan memberikan keuntungan maksimal untuk pekerjaan Anda.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu