Breaking

blog single post
Printing

Apa Saja Kesalahan yang Harus Dihindari Sebelum Mencetak Dokumen?

Menggunakan jasa percetakan murah masih diminati, karena selain harganya yang terjangkau, layanan yang diberikan relatif bervariasi dan memberikan hasil optimal. Akan tetapi, Anda tetap perlu berhati-hati, karena tak sedikit penyedia jasa percetakan melakukan berbagai kesalahan. Akibatnya, hasil cetakan malah mengecewakan dan Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk perbaikan.


Lantas, kekeliruan apa saja yang umumnya dilakukan percetakan murah yang kurang profesional?

  • Desain artwork dengan format RGB

Apakah Anda tahu perbedaan antara RGB dan CMYK? RGB merupakan akronim Red Green Blue yang umumnya dipakai pada layar monitor. Sementara CMYK adalah akronim Cyan Magenta Yellow Black yang mampu menghasilkan variasi warna lebih banyak. Sayangnya, beberapa percetakan murah tidak terlalu memperhatikan perbedaan tersebut.

Akibatnya? Memakai RGB untuk mencetak dokumen akan menghasilkan gradasi warna kurang tajam atau malah agak buram. Salah satu solusi yang kerap dilakukan untuk menanganinya adalah mengganti setelah RGB menjadi CMYK memakai Photoshop maupun Illustrator di percetakan murah tersebut.

  • Rich black dan pure black kurang proposional

Rich black adalah hitam yang terdiri atas campuran CMYK, sedangkan pure black punya kandungan hitam 100% dan 0% CMYK. Lagi, percetakan murah yang kurang memahami konsep pewarnaan acap kali luput mengatur komposisi warna hitam, sehingga teks malah terkesan kabur, berbayang, atau kurang tajam. Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui penggunaan rich black dan pure black.

Pure black biasanya digunakan untuk teks dengan font kecil (di bawah 14pt), sementara rich black dapat diterapkan pada objek hitam berukuran sedang hingga besar yang membutuhkan kepekaran tinggi. Ada baiknya percetakan murah mengeditnya terlebih dulu memakai CorelDRAW, Inkspace, atau Illustrator.

  • Memakai gambar raster beresolusi rendah

Kesalahan klasik ini semestinya dapat Anda antisipasi sejak awal sebelum dibawa ke percetakan murah. Memaksakan gambar raster diperbesar sampai skala mana pun tidak akan memperbaiki ketajaman imej, karena resolusi rendah tetap akan menghasilkan cetakan pecah. Risiko lainnya adalah warna yang bakal dihasilkan tidak akan maksimal kendati jenis tinta yang dipakai bagus dan sudah memakai CMYK.

Lalu, berapa resolusi yang tepat? Resolusi umum yang direkomendasikan percetakan murah tepercaya adalah 300 dpi (dots per inch) yang tak akan ‘rusak’ walau diperbesar. Jika Anda ingin memakai gambar untuk poster, gunakan kedalaman 72 sampai 150 dpi dengan jarak baca 50 sentimeter.

  • Lupa melakukan embed pada huruf (missing font)

Kekeliruan selanjutnya yang kadang luput dari para pengelola percetakan murah adalah misising font. Hal ini biasanya terjadi kalau Anda suka memanfaatkan jenis huruf ‘unik’ atau ‘aneh’ yang belum tentu ada di komputer lain. Lantas, kalau tidak dikonversi menjadi line-art, kemungkinan besar jenis huruf tadi akan berubah mengikuti katalog font yang tersedia di komputer milik percetakan.

Tidak ada yang salah dengan memakai huruf-huruf ‘unik’. Hanya saja, Anda harus memastikan huruf tadi bisa disunting dan mudah dikonversi. Ketika dikirim ke percetakan murah, pastikan Anda juga memberi catatan daftar huruf yang perlu diubah supaya hasil cetakannya sesuai dengan yang Anda harapkan.

  • Lupa melakukan embed pada imej (missing image)

Rupanya tak cuma huruf, imej—baik foto maupun gambar—juga kerap ‘hilang’ dari dokumen karena lupa dikonversi. Percetakan murah yang sudah berpengalaman mungkin mampu mengatasinya, tetapi bagaimana kalau mereka sama kebingungannya dengan Anda? Jadi, daripada mengulang dari awal, sebaiknya Anda antisipasi dengan memakai editing program yang tepat.

Kejadian ini acap kali terjadi saat Anda memakai Freehand atau Illustrator, karena program mengatur agar file tidak ‘gemuk’. Solusi yang dapat Anda ambil sebelum mengirimnya ke percetakan murah ialah menyatukan file bitmap atau raster pada file publikasi atau memisahkan gambar dari dokumen.


Sebenarnya, semua kesalahan ini tak akan terjadi kalau Anda memilih percetakan murah yang sudah punya jam terbang tinggi seperti PrinterQoe. Bukan hanya tarifnya yang terjangkau, mereka juga dapat menangani dokumen Anda secara cepat dan praktis. Anda juga tidak akan dihadapkan pada antrian bila mengandalkan percetakan murah tersebut.



Baca Juga :Teknologi Foto Beserta Media untuk Mencetaknya

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu