Breaking

blog single post
Personal

Apa Saja Keahlian Yang Harus Dimiliki Mahasiswa?

Dunia perguruan tinggi jelas berbeda dengan dunia SMU. Anda akan bertemu dengan pengajar atau dosen yang cara mengajarnya berbeda dengan guru SMU, teman-teman baru hingga mata kuliah dan tugas yang berbeda. Hal-hal tersebut akan menjadi pengalaman baru yang harus dapat Anda nikmati sebagai seorang mahasiswa. Untuk menyesuaikan diri dengan dunia kampus, Anda harus memiliki beberapa keahlian yang bisa Anda tonjolkan dan menjadi bekal untuk masa depan. Mengasah kemampuan dapat membantu Anda membentuk jati diri yang positif.  Dan inilah keahlian yang harus Anda sebagai seorang mahasiswa miliki, agar masa kuliah Anda tidak percuma:

1.Anda harus menjadi mahasiswa yang fleksibel

Anda harus memiliki pikiran terbuka. Anda harus bisa berpikir bahwa hal-hal yang berbeda bukanlah sesuatu yang salah, namun dapat belajar dan mengambil sisi positif dari setiap perbedaan yang ada. Manfaat kesempatan untuk bisa berbaur dengan teman-teman baru yang memiliki latar belakang dan kebiasaan yang berbeda.

2. Anda harus bisa menyesuaikan diri

Sebagai mahasiswa, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Anda dapat mengikuti kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus. Jangan pernah sungkan juga untuk membicarakan kesulitan yang dihadapi agar Anda mendapatkan bantuan yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan mengenai mata kuliah, ataupun yang lainnya berkaitan dengan perguruan tinggi.

3. Anda harus berjiwa tahan banting

Sebagian dari Anda  pasti tengah menghadapi kesulitan di wal perkuliahan. Namun Anda harus tenang melewati semua hal yang berbeda dengan proses belajar ketika di masa sekolah. Seperti saat menyesuaikan diri, Anda dapat mengkonsultasikan dan meminta bantuan dari permasalahan yang ada dengan teman mahasiswa maupun dosen.

4. Jadilah anggota kelompok yang baik

Anda pasti sering mengerjakan tugas kelompok. Hal ini bukanlah tanpa sebab karena dengan mengerjakan tugas kelompok, Anda dilatih untuk bisa bekerja dalam kelompok, membagi tugas, bertanggung jawab dan fleksibel dalam setiap perbedaan yang muncul. Jadilah anggota kelompok yang baik ketika mengerjakan tugas bersama-sama, agar tidak merepotkan sesama anggota kelompok.

5. Kemampuan membaca situasi

Kemampuan membaca situasi sangat penting apalagi saat Anda memasuki dunia kerja. Apalagi saat bekerja, atasan atau rekan kerja Anda tidak terlalu jelas memberitahukan dengan jelas apa yang harus Anda lakukan. Anda harus bisa membaca situasi serta berinisiatif.

6. Anda harus update dalam hal teknologi

Anda harus bisa mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Anda harus update dengan hal-hal seperti aplikasi, ataupun teknologi terkini yang sedang hangat-hangatnya di kalangan mahasiswa.

7. Belajarlah tanpa batas

Tak hanya mata kuliah, Anda juga harus mempelajari hal-hal lain diluar mata kuliah. Ilmu tanpa batas dapat Anda pelajari dimanapun dan kapanpun.

8. Harus bisa memanfaatkan kesempatan yang ada

Tak hanya mengejar nilai-nilai yang bagus, tak ada salahnya memanfaatkan masa kuliah dengan membangun koneksi dengan dosen, teman-teman baru, yang bisa menuntun Anda kepada dunia kerja.  


Nah, sudah siap mengasah keahlian Anda untuk mencapai kehidupan di masa datang yang lebih baik? Anda dapat mencontoh dari tulisan di atas.



Baca Juga : Tempat Asyik Kerjakan Tugas Kampus

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu