Breaking

blog single post
Value

6 Tips Memilih Printer Berkualitas untuk Jasa Percetakan Anda

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan cetak mencetak semakin meningkat. Entah itu untuk cetak buku, cetak undangan, cetak dokumen perkantoran, dan masih banyak lagi. Salah satu elemen penting untuk cetak mencetak adalah printer. Ya, maksimal tidaknya hasil cetakan berhubungan dengan kualitas printer yang kita pakai. Bagi Anda yang membuka jasa percetakan dan tidak ingin salah dalam memilih jenis printer yang bagus kualitasnya, Ada beberapa tips dalam memilih printer yang harus Anda pertimbangkan, di antaranya adalah: 


Pilih Jenis Printer Sesuai Kebutuhan

Anda adalah orang yang paling tahu tentang apa kebutuhan printer untuk usaha Anda. Pertama-tama, Anda bisa definisikan apa kebutuhan printer yang memang Anda butuhkan. Apakah Anda membuka jasa percetakan khusus tulisan dengan tinta warna hitam saja, ataukah Anda membuka usaha nge-print dengan berbagai warna.

 

Jika Anda rasa cukup dengan membeli printer monokrom, Anda cukup melengkapi usaha Anda dengan printer yang harganya terjangkau itu. Namun jika Anda merasa akan lebih luas cakupan konsumennya jika Anda menyediakan printer dengan banyak pilihan warna, sehingga profit yang Anda dapatkan semakin banyak, Anda bisa menyediakan printer dengan banyak pilihan warna sekaligus.

 

Di pasaran, ada tiga jenis printer yang bisa Anda manfaatkan, yaitu printer rumah, printer kantor dan printer bisnis. Untuk produksi dalam skala kecil, Anda bisa manfaatkan jenis printer kantor dan printer rumah, sedangkan untuk produksi skala besar, Anda bisa gunakan jenis printer bisnis. Pilih yang single function jika kepentingannya hanya untuk print saja, sedangkan untuk kepentingan yang lebih luas Anda bisa manfaatkan jenis printer multifungsi.

 

Perhatikan Jumlah Tinta dan Warnanya

Setelah Anda tau jenis printer yang Anda butuhkan, misalnya Anda lebih memilih jenis printer warna, Anda bisa memilih printer dengan mempertimbangkan berapa banyak jumlah tinta yang tersedia. Semakin banyak tempat tinta yang ready, akan semakin menguntungkan untuk usaha Anda. Silakan Anda cek terlebih dahulu fisik tinta dan amati bagian per bagiannya. Umumnya, jenis printer yang paling banyak dipakai untuk cetak foto adalah jenis printer empat warna dengan hasil cetakan gambar yang bagus.

 

Perhatikan Kualitas Hasil Cetakan

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah kualitas cetakannya. Silakan browsing terlebih dahulu jenis printer yang memiliki hasil cetakan yang bagus lalu komparasikan dengan yang lain. Atau, Anda  bisa berkunjung ke toko offline-nya untuk uji coba langsung atas hasil dari jenis printer tertentu yang Anda inginkan. Alat cetak dengan hasil yang bagus memberikan kepuasan maksimal bagi pelanggan. Meski agak mahal, namun itu akan terbayar dengan kepuasan klien sehingga mereka sangat mungkin untuk melakukan repeat order.


Perhatikan Daya Tahan Printer

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan bagaimana daya tahan printer yang Anda miliki. Printer dengan daya tahan yang baik berpotensi mengurangi biaya reparasi sehingga menghemat biaya modal Anda. Jenis printer tersebut terbukti lebih tahan lama sehingga bisa beroperasi untuk rentang waktu yang lama. Untuk mengetahui apakah printer tersebut memiliki daya tahan yang baik atau tidak, Anda bisa tanyakan secara langsung kepada yang berpengalaman, atau dengan mencari referensinya di mesin pencari.


Perhatikan Garansinya

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan dalam memilih printer adalah suku cadangnya atau garansinya. Terkadang, biaya reparasi ini lebih mahal dari separuh harga barangnya. Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan dalam membeli printer adalah dengan memperhatikan berapa lama garansi tersebut diberikan. Pilih printer dengan garansi yang cukup lama sehingga Anda tidak perlu membuang banyak modal untuk kepentingan reparasi jika masih masuk dalam waktu garansi.


Perhatikan Berapa Banyak yang Harus di Print

Sebelum membeli printer, kalkulasikan berapa banyak lembar yang akan Anda print setiap harinya. Untuk mencetak dalam jumlah banyak Anda bisa memilih jenis printer dengan jumlah print setidaknya 6000 per lembar setiap harinya. Di luar kapasitas tersebut, besar kemungkinan printer akan rusak dalam waktu dekat. Pilih printer sesuai dengan kapasitas cetak yang sesuai kebutuhan.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu