Breaking

blog single post
Printing

5 Teknik Finishing untuk Mempercantik Hasil Cetak

Teknik finishing di dalam dunia percetakan berfungsi untuk mempercantik tampilan hasil jadi sebuah produk. Teknik ini bisa diterapkan kepada hampir semua jenis hasil cetak terutama yang menggunakan bahan baku kertas. Teknik ini bisa membantu bisnis Anda membangun brand image.   


1. Die cut


Die cut merupakan jenis finishing yang memotong kertas berdasarkan pola desain yang telah digambar. Keunikan teknik ini akan menjadi nilai lebih pada kartu nama atau soft cover note book yang Anda berikan kepada klien sebagai merchandise.



2. Cut out


Bila die cut adalah teknik memotong dengan mengikuti pola luarnya saja, maka cut out lebih mendetil lagi. Pada teknik ini justru bagian dalam huruf yang dipotong mengikuti bentuk cetakan. Pajangan atau hiasan dinding dari kanvas bisa juga memanfaatkan pengaplikasian seperti ini.


3. Foil/ hot print


Bila Anda suka memperhatikan undangan pernikahan dengan tinta warna emas atau silver di atasnya, itulah yang dimaksud dengan teknik hot print. Teknik ini juga bisa diaplikasikan pada kop surat atau kartu nama Anda untuk menampilkan kesan megah dan eksklusif.



4. UV Spot


UV Spot adalah jenis pelapisan yang diterapkan pada spot-spot tertentu yang ingin lebih ditonjolkan. Misalnya pada bagian logo saja atau pada bagian nama Anda. Teknik UV spot membuat bagian logo atau nama pada kartu nama tampak lebih ‘bersinar’ dibanding bagian lainnya.


5. Pop up


Konsep ‘muncul secara tiba-tiba’ adalah kekhasan dari finishing pop out ini. Bisa digunakan sebagai desain kartu ucapan terima kasih untuk klien. Bila diperhatikan pada gambar di atas, sebelum lipatan pola gambarnya diberdirikan, permukaan kertasnya masih sama rata. Desain kartu nama unik ini cocok bagi bisnis kreatif maupun bisnis yang dekat dengan dunia anak.


Untuk kebutuhan penyetakan dokumen, Anda bisa mengandalkan Printerqoe.com. Kehadiran printing online yang satu ini membuat hidup Anda semakin lebih mudah, apalagi dengan diskon 20% bagi Anda yang mendaftar menjadi member.  


Baca juga: 8 Kertas Premium untuk Printing Berkualitas

 

 

 

 




























 



Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu