Breaking

blog single post
Value

5 Jenis Printer dan Fungsinya

Kebutuhan mesin printer disesuaikan dengan penggunaannya. Untuk perusahaan, tentunya jenis printer yang digunakan sangat berbeda dengan pemakaian individu. Penting untuk mengetahui jenis-jenis printer terlebih dahulu, untuk memastikan pengadaannya dapat memaksimalkan pekerjaan yang dilakukan. Mengingat jenis printer sekarang ini lebih kompleks dengan banyak kemampuan bekerja yang berbeda-beda, berikut ulasan singkat mengenai jenis-jenisnya:


Printer Inkjet

Jenis printer inkjet ini hampir diketahui semua orang. Penggunaannya tidak hanya level perusahaan namun juga instansi pemerintah hingga penggunaan pribadi. Pola kerjanya dengan membentuk karakter atau grafik yang menggunakan kepala cetak. Di mana kepala cetak ini berisi nozzle atau pipa penyedot kecil yang nantinya akan menyemprot tinta ke arah kertas. Penyemprotan inilah yang akan mencetak file baik berupa gambar atau tulisan.


Untuk penggunaan pribadi, printer inkjet ini termasuk sangat modern. Namun untuk penggunaan perusahaan hingga instansi besar, printer inkjet mampu mengakomodir kebutuhan pekerjaan yang lebih banyak dan berat. Selain kemampuan kerja yang lebih berat, printer inkjet ini juga memiliki kelebihan pada kualitas cetaknya yang sangat baik. Akibat dari karakter yang dibentuk merupakan hasil dari sekumpulan titik-titik tinta kecil mudah dibersihkan.


Printer All In One

Sesuai dengan namanya, jenis printer yang satu ini memiliki fungsi luar biasa banyak. Dalam satu perangkat printer, mampu mengerjakan beberapa pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh perangkat yang berbeda-beda. Printer dengan kemampuan multifungsi ini tidak hanya Andal dalam mencetak dokumen dan foto, namun juga tidak kalah hebat dalam melakukan pekerjaan mesin copy. Printer dapat digunakan untuk copy, scan bahkan mengirim faksimile.


Selain multifungsi, jenis printer All In One ini biasanya juga dilengkapi dengan banyak fitur-fitur canggih. Salah satunya adalah keberadaan koneksi wireless hingga LAN yang memudahkan pemakaian. Beberapa seri All In One yang terbaru bahkan dapat menerima faks hingga menyusun hasil cetak dengan teknik binding sederhana. Luar biasa bukan?  Bersama dengan kemampuan kerja yang luar biasa, printer yang satu ini membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit, terutama saat harus mengganti toner dan cartridge.


Printer Dot Matrix

Dot Matrix tidak memungkinkan digunakan untuk pribadi. Pasalnya kecepatan cetaknya sangat tidak memungkinkan untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan penyelesaian cepat dan efektif. Namun dulu, dot matrix ini masih banyak digunakan skala pribadi. Sekarang penggunaan dot matrix  lebih banyak digunakan di kantor atau fasilitas layanan publik semisal rumah sakit. Cara kerjanya sangat sederhana yang justru membuatnya tahan lama.


Printer Dot Matrix bekerja mencetak tulisan hingga gambar menggunakan kepala cetak yang penuh dengan jarum besi. Sederhananya, dokumen hingga gambar yang berhasil dicetak merupakan hasil dari kerja jarum-jarum yang diletakkan di atas karbon. Kenapa disebut Dot Matrix? Karena hasil cetak dari jarum-jarum tersebut membentuk susunan matriks, 9 baris dan 9 kolom, 7 baris dan 5 kolom, 9 baris dan  7 kolom. Harganya lebih murah dan kualitas cetak gambar hingga grafiknya sempurna.


Laser Jet Printer

Setelah printer All In One, ada satu lagi jenis printer yang diciptakan dengan performa luar biasa. Printer Laser Jet dianggap sebagai kombinasi xerographic technology dengan teknologi laser. Xerographic technology ini biasanya banyak dijumpai dalam mesin copy. Dengan kemampuan ini, maka printer akan membuat output digital atau berkas file yang akan dicetak, diubah menjadi sinar laser yang selanjutnya ditembakkan ke sebuah drum dan dipantulkan oleh sinar laser.


Bayangan yang jatuh pada drum, akan dikirimkan pada pada sebuah kertas seperti halnya proses yang terjadi pada mesin copy. Mengenai kualitas cetaknya, printer LaserJet ini mampu menghasilkan yang lebih baik dibandingkan All In One. Tidak mudah luntur, awet dan juga lebih tahan air. Hebatnya lagi, waktu yang dibutuhkan untuk mencetak lebih cepat. Sayangnya printer LaserJet ini memiliki kelemahan pada saat digunakan untuk mencetak foto dengan mode standar. Hasil foto tidak terlalu bagus dan warnanya seringkali kabur.


Printer Id Card

Jenis printer Id Card ini juga tidak memungkinkan dipakai di rumah. Pasalnya mencetak id card bukan tugas mesin cetak skala rumahan yang banyak digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar biasa. Melainkan lebih kepada penggunaan kantor dan perusahaan besar yang mengharuskan kerja cetak berat dan jumlahnya lebih banyak. Nama lain printer ini adalah printer kartu atau printer cetak kartu plastik atau kartu PVC.


Cara kerja printer id card ini sedikit berbeda dengan jenis printer lain. Sewaktu id card atau kartu dicetak, maka ada bahasa atau sistem pemrograman tertentu yang diberikan akan bekerja. Maka itulah jenis kertas yang digunakan adalah kartu PVC atau id card. Bekerja dengan sistem thermal, mencetak id card ini juga menjadi lebih mudah. Dulu mesin cetak id card ini masih jarang digunakan sehingga teknologinya masih sangat sederhana. Sekarang kebutuhan printer id card semakin banyak sehingga inovasinya juga beragam dari jenis printer id card berkemampuan standar dan advanced.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu