Breaking

blog single post
Mobile Worker

4 Tips Jitu Tembus Posisi Kerja Saat Job Fair

PRINTERQOE.COM - Perkembangan teknologi yang pesat yang menunjang cepatnya arusnya informasi, telah memberikan beragam kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari akses informasi, komunikasi, print digital, transportasi, dan masih banyak lagi. Tidak terkecuali untuk mencari lowongan pekerjaan. Ya, melamar pekerjaan dewasa bisa melalui internet dengan berbagai pilihan aplikasi lowongan kerja. 

 

Meskipun begitu, untuk di Indonesia sendiri tidak berarti cara konvensial sudah tidak di sukai lho! Buktinya setiap job fair yang di selenggarakan di berbagai kota masih tetap di gandrungi oleh masyarakat baik para lulusan baru atau yang sedang mencari peruntungan posisi kerja baru.

 

Hal tersebut menunjukan bahwa job fair masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk menemukan tempat kerja impian bagi sebagian orang. Nah, jika Kamu tertarik, tulisan ini akan  memiliki beberapa tips untuk Anda agar sukses mendapatkan posisi kerja dalam job fair.

 

Baca Juga: Kesalahan Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

 

1. Persiapkan CV yang Tidak Biasa

 

convertkit.com

Jika Anda menghadiri sebuah job fair, Anda akan menemukan perbedaan besar daripada melamar kerja melalui email, yaitu adanya keterbatasan waktu. Para HR atau user memiliki waktu yang sangat sedikit dan terbatas, sehingga harus cepat memilih dan meng screening CV para pelamar kerja di perusahaan mereka yang pasti berjumlah sangat banyak.

 

Oleh karena itu, persiapkan CV terbaik dan unik yang berbeda dari biasanya agar Anda dapat dilirik serta berkesempatan untuk dikontak dari pihak perusahaan untuk melakukan wawancara. Untuk membuat CV tersebut, Anda dapat mensiasatinya dengan mencetak CV bukan di kertas HVS putih polos, tetapi HVS yang berwarna. Atau dapat juga menghias CV Anda dengan frame foto, menggunakan album foto, atau bahkan dengan kreasi pop up yang membuat CV Anda terlihat lebih menonjol. Tidak perlu bingung mencari tempat print yang bisa mencetak CV impianmu, sekarang sudah banyak print digital untuk mencetak apapun secara online. 

 

2. Persiapkan Performa Terbaik

 

illiksen.com

Biasanya, penyelenggaran job fair diumumkan sejak jauh-jauh hari. Nah jika Anda telah berniat untuk menghadiri job fair tersebut, sejak saat itu pula Anda harus telah mempersiapkan segalanya, tidak hanya CV tetapi juga performa terbaik. Anda harus menjaga stamina dan mempersiapkan penampilan terbaik. 

 

Hal ini akan sangat berpengaruh pada hari penyelenggaraan, karena sebagai pemburu kerja di job fair, Anda dapat dengan mudah merasa kelelahan, kehilangan semangat, dan kemungkinan-kemungkinan lainnya.  

 

Jangan sampai Anda mengalami hal ini, Anda harus tetap terlihat bugar dan bersemangat dari pagi hingga acara berakhir dengan begitu kesempatan untu mendekati dan mengirimkan lamaran ke lebih banyak perusahaan menjadi lebih memungkinkan. 

 

Selain itu, untuk menunjang performa ini, Anda harus mempersiapkan penampilan yang sempurna. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemeja Anda menjadi kotor, bau keringat dan lain-lain, sebaiknya persiapkan baju ganti supaya Anda tetap terlihat rapi dan menarik. Untu itu, sebaiknya mantapkan diri sejak satu hari sebelumnya, persiapkan segala kebutuhan yang perlu di cetak. Apabila waktu yang Kamu miliki tidak memungkinkan, bisa memanfaatkan jasa print digital online.

 

Baca Juga:Ini Dia Tips Menulis Resume untuk Fresh Graduate

 

3. Memantapkan Diri Untuk Pertanyaan Wawancara

 

www.gettyimages.com

Dalam job fair, jika beruntung Anda akan berkesempatan untuk wawancara on the spot. Namun karena waktunya yang mepet, keberuntungan tersebut tidak akan memberikan Anda keleluasaan untuk mempersiapkan diri untuk wawancara tersebut. Oleh karenanya, sebelum Anda memutuskan untuk melamar posisi kerja kepada suatu perusahaan, sangat dianjurkan agar Anda mencari terlebih dahulu aau melakukan reset mengenai  perusahaan serta posisi yang Anda lamar secara mendalam. 

 

Dengan itu, Anda dapat mepersiapkan diri untuk berbagai kemungkinan pertanyaan yang akan diberikan oleh HR maupun user sehingga Anda dapat memaksimalkan waktu yang ada untuk mempersiapkan jawaban. Jawaban yang memuaskan dalam wawancara on the spot akan menjadi penilaian lebih bagi perusahaan, Anda akan terlihat sangat efektif dan dapat memaksimalkan waktu sebaik mungkin.

 

4. Membawa Perlengkapan Pendukung

www.emailstechnicalsupport.com

Meskipun Anda sudah membawa berbagai dokumen penting seperti CV, portofolio, dan surat lamaran, sebaiknya Anda tetap membawa dokumen tambahan lainnya. Seperti halnya ijazah, transkip nilai, skor toefl, maupun sertifikat-sertifikat yang Anda miliki. Nah untuk menyiasati hal tersebut, dianjurkan untuk membawa flash disk, hardisk yang berisi folder dokumen-dokumen tersebut yang sudah dirapihkan atau simpan dokumen-dokumen tersebut di hanphone Anda.  Sehinga jika tiba-tiba dibutuhkan, dokumen tersebut telah siap dan bisa di tunjukan ke pewawancara kerja.

 

Tips-tips di atas dapat Kamu terapkan secara maksimal, mengingat job fair hingga saat ini masih menjadi alternatif untuk mendapatkan posisi kerja yang di harapkan di perusahaan yang Kamu impikan. Untuk mendukung segala kebutuhanmu saat jobfair, PrinterQoe.com hadir sebagai platform print digital online. Gunakan PrinterQoe.com untuk mencetak segala dokumen yang diperlukan.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu