Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Go Green

Yuk, Maksimalkan Penggunaan Kertas!

Tahukah Anda bahwa bahan baku utama pembuat kertas adalah pohon/ kayu dengan persentase mencapai hampir 93%. Setiap satu lembar kertas A4 menghabiskan 10 liter air, dan untuk memroduksi 1 kilogram kertas dibutuhkan 3224 liter air. Begitu banyak sumber alam yang terbuang hanya untuk membuat kertas, yang pada akhirnya berakhir di tong sampah.


Fakta ini menyadarkan kita bahwa di satu sisi, kertas sebagai media tulis mewakili era modernisasi. Namun di sisi lain kertas juga adalah eksploitasi terhadap sumber daya alam yang semakin hari semakin menipis dan mengancam ekosistem. Sudah saatnya kita sebagai manusia yang bertanggung jawab atas lingkungan juga turut andil dalam menjalankan gaya hidup ramah lingkungan. Bukan berarti Anda sama sekali dilarang menggunakan kertas, tapi ada cara-cara yang bisa ditempuh untuk memaksimalkan limbah kertas menjadi sesuatu yang berguna.


1. Print dua sisi

Biasakan menyetak pada keda sisi kertas, terutama bila itu untuk kebutuhan 'corat coret' yang bukan merupakan dokumen formal. Cek settingan printer di kantor Anda jangan sampai salah memposisikan kertas karena itu malah hanya akan menghabiskan tinta printer.


Tips untuk menyetak dua sisi adalah dengan memastikan kertas tidak tersangkut di dalam printer.

  • Pada kertas yang tergulung akibat proses cetak perlu Anda gulung kembali ke arah yang berlawanan sebelum dimasukan kembali ke dalam printer  

  • Bila ada sudut kertas yang terlipat atau lecek, rapikan terlebih dahulu

  • Masukkan kembali ke dalam printer dengan posisi menghadap ke arah atas atau tergantung pengaturan pada masing-masing merek printer.   


2. Pembersih kaca

Kertas koran yang dibasahi dengan air atau cuka bisa menjadi alat bersih-berih murah meriah.  Hasil yang sama belum pernah dicoba dengan menggunakan kertas HVS. Mungkin Anda berminat mencobanya?


3. Pembungkus buah

Buah alpukat yang Anda beli masih terlalu muda? Jangan khawatir, bungkus saja dengan kertas dan biarkan menua sebelum Anda konsumsi.



4. Jadikan project creative Anda

Limbah kertas bisa menjadi sarana Anda mengasah kreatifitas menciptakan berbagai benda:

  • Tambahkan pita dan kartu ucapan, kertas bekas ini akan menjadi bungkus kado yang unik

  • gunting kertas hingga menjadi lembaran-lembaran kecil untuk digunakan sebagai pengisi dalam paket supaya benda di dalamnya aman dari goncangan

  • Kertas bekas bisa jadi harta karun bagi Anda yang punya baket kerajinan tangan. Anda bisa menjadikannya manik-manik untuk dibuat menjadi kalung kertas. Nilai jualnya juga cukup lumayan

  • Bagi yang mendalami seni melipat kertas (origami) juga bisa bebas berkreasi tanpa takut kehabisan bahan baku kertas.


Baca juga: Bahan Baku Alternatif Pembuat Kertas Selain Kayu

 














  


  kertas

Sumber:  berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: