Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Industry

Typo Itu Dibacanya Taypo, bukan Tipo

Kesalahan pada penulisan kata dan atau kalimat wajar terjadi pada siapapun. Asalkan konteks keseluruhan kalimat masih bisa dipahami maka ini bukan menjadi masalah besar. Namun berbeda urusannya bila typo ini terjadi pada penulisan tagline, motto, promo atau apapun yang dikeluarkan oleh lembaga besar dan dilihat oleh jutaan pasang mata.


Kurangnya pemahaman mengenai struktur bahasa serta longgarnya quality check pada proses produksi menjadi kendala pada banyak kasus. Kecuali bila memang typo itu disengaja, agar menarik perhatian orang untuk kemudian ‘nempel’ di benak mereka. Bagi saya pribadi membaca tulisan dengan kesalahan penulisan itu mengganggu, apalagi bila di dalamnya terdapat penggunaan bahasa asing yang tidak pada tempatnya.


1. Penulisan yang tidak asal    


Englishcoo.com


Jangan jadikan ketidakpahaman Anda sebagai pembenaran. Kita hidup di jaman yang serba bisa, google translate bisa dengan jelas menerjemahkan kalimat ini untuk Anda dan Anda tinggal mengopinya. Kesalahan pada sign board di atas hanya akan menjadi bahan tertawaan bagi turis yang berkunjung.   


2. RIP Bahasa Inggris


Englishcoo.com


Para akademisi semestinya punya kepekaan yang lebih dalam mengolah kata apalagi bila menyangkut kredibilitas lembaga yang menaungi mereka.


3. Kurangnya fungsi pengawasan   


upstation.id


Ini hanya contoh kecil di antara banyak kesalahan penulisan bahasa asing yang dengan percaya diri dipampang di fasilitas umum. Dalam bahasa Indonesia penulisan yang benar adalah eksekutif, dan dalam bahasa Inggris adalah executive. Dari sekian banyak orang yang terlibat dalam proses produksi sign board seperti ini, kemana perginya fungsi pengawasan?


4. Mendompleng brand ternama

 

Yukepo.com


Apakah mengopi sebuah brand dan menjadikannya sebagai promosi kreatif seperti ini diperbolehkan?



5. Beda kata, beda makna

Kompasiana.com


Mungkinkah lemon-lemon di sini mengandung rasa teh ketika dimakan?


Sedikit tips yang mungkin bisa membantu Anda mencegah kesalahan penulisan dan atau kalimat adalah dengan membacanya dengan bersuara. Dengan begitu Anda bisa merasa di mana perlu adanya tanda baca dan sebagainya. Anda juga bisa gunakan grammar software untuk memastikan apakah cara penulisannya sudah benar. Terakhir, istirahatlah sejenak untuk memberi waktu otak dan mata segar kembali, karena kelelahan juga bisa menjadi penyebab terjadinya kesalahan dalam penulisan.  



  typo

Sumber:  berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: