Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Fotocopy Center

Tinta Refill dan Hubungannya dengan Kualitas Cetak

 

Menekan tombol ‘print’ itu mudah, tapi tidak begitu halnya dengan menghasilkan kualitas cetak. Sebagai orang yang bermain di lahan bisnis percetakan, Anda juga harus mengerti bagaimana memilih tinta yang baik untuk mesin cetak Anda. Di sini kita bicara mengenai maraknya tinta printer yang dijual bebas, yang bukan keluaran asli dari merk-merk printer kenamaan.

  

  • Bila kebutuhan cetak sebatas untuk mencetak dokumen serta kertas yang digunakan adalah kertas polos biasa, maka tinta berjenis dye based ink bisa dipilih karena bahan pembuatnya adalah air. Karakter dari tinta printer jenis ini mudah luntur dan kurang cocok untuk cetak foto. Tinta dye based memiliki harga yang murah sehingga banyak digunakan oleh jasa rental komputer ataupun kios-kios fotokopi untuk menekan biaya.
  • Berbeda lagi untuk cetak foto atau cetak undangan dimana hasil cetak bertahan lama, maka tinta yang dipilih adalah tinta tipe pigment art ink. Tinta printer pigment tidak mudah luntur oleh air atau cuaca karena mengguna pigment dari bubuk yang tidak larut dalam air.
  • Kebutuhan cetak untuk media seperti mug maka tinta yang dipilih adalah tinta sublim atau sublimation ink. Sublim sendiri adalah perubahan dari benda padat menjadi gas. Jenis tinta ini akan merekat sangat kuat pada mug dan jenis permukaan lain sejenis.


Bila Anda menggunakan tinta printer asli dari merk-merk tertentu maka kualitas serta garansinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun di luar sana banyak dijual tinta refill dengan harga yang kompetitif. Bila printer Anda masih dalam masa garansi disarankan menggunakan tinta yang asli saja, namun bila masa garansi sudah habis boleh-boleh saja Anda gunakan tinta refill utamanya untuk menyetak sebatas teks atau dokumen.


Menurut trustedreviews, banyak uji independen menunjukkan bahwa tinta kompatibel hitam secara konsisten memberikan hasil yang setara dengan cartridge original. Hal yang harus Anda perhatikan adalah pilih tinta printer dengan reputasi bagus dan jangan tergiur dengan harga murah. Murahnya harga itu bisa jadi akibat dari buruknya kualitas tinta.


Ciri tinta yang berkualitas:

1. Tidak membeku atau mengering saat disimpan dalam waktu yang lama

2. Hasil cetak mempunyai daya konsentrasi yang tinggi dan tidak pecah

3. Hasil cetak umumnya tidak terlalu berbau menyengat

4. Hasil cetak berwarna cerah dan kontras

5. Hasil cetak cepat kering

6. Botol tinta serta pemasangan infus rapi dan tidak asal jadi

7. Sistem infus mempunyai rancangan botol khusus untuk sirkulasi aliran tinta

8. Garansi sparepart/ jaminan kepuasan konsumen


Memilih tinta berdasarkan tingkat keasaman atau pH

pH atau tingkat keasaman tinta yang bagus adalah seimbang. Cara mengukurnya bisa menggunakanpH meter digital. Berdasarkan penelitian dan referensi yang ada, tingkat keasaman sebuah tinta printer isi ulang dibagi menjadi 3 kategori:


1. Kategori  Balance atau seimbang yaitu tinta memiliki keasaman yang seimbang. Ph yang seimbang sangat bagus untuk head printer, yaitu berkisar antara 6,5 – 7,5.


2. Kategori Basa yaitu memiliki keasaman yang masih diperbolehkan untuk digunakan. PH basa memiliki tingkat ukuran antara 8 – 10.


3. Kategori asam yaitu tinta memiliki tingkat keasaman yang tinggi antara 3,4 – 4,4. Tinta dengan asam sebaiknya dihindari karena sifat korosi pada komponen-komponen mikroskopis. Selain merusak printer head juga bia merusak komponen stainless steel dan logam dibawahnya.


Memilih tinta printer berdasarkan tingkat kekentalan

Barang berbentuk cair tentu saja memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Tinta yang memiliki tingkat kental yang tinggi kurang baik untuk printhead karena kalau disimpan dalam jangka waktu lama akan mengental seperti lendir yang bisa mengakibatnya head atau nozzel printer bahkan selang infus tersumbat. Tingkat kekentalan yang wajar tentu saja membuat hasil cetakan cepat mengering tanpa meninggalkan noda.


Tinta printer asli maupun isi ulang sah-sah saja Anda gunakan. Anggap saja seperti air mineral yang Anda konsumsi, air bermerk dan isi ulang tentu berbeda dari komposisi bahkan rasanya. Bila memang harga menjadi pertimbangan mendasar maka paling tidak pilih tinta isi ulang yang kualitasnya paling tinggi di antara lainnya.



Baca juga: Printer Terawat Dompet Selamat

 

 




Sumber:  berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: