Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Document

Singkirkan Tumpukan Dokumen dari Meja Kerja Anda!

Rutinitas memang terkadang sanggup mengalahkan segalanya, termasuk membuat Anda abai terhadap keadaan ruang kantor. Cobalah hentikan sejenak apa yang sedang Anda lakukan saat ini dan perhatikan meja kerja serta keseluruhan ruangan. Terlihat ada tumpukan tinggi kertas di surut meja yang tadinya hanya beberapa lembar saja? Atau malahan berkas-berkas itu hampir menutupi permukaan kertas? Bila iya, maka tidak heran rasa suntuk dan malas bekerja kerap menghampiri Anda.


Dari sebuah studi The National Association of Professional Organisers (NAPO) mendapati bahwa ketidakteraturan dapat berujung pada kerugian finansial sebesar kira-kira 10% dari gaji seorang manager. NAPO juga menyatakan bahwa bukan kekurangan tempat penyimpanan yang menyebabkan situasi berantakan, melainkan karena ketidakteraturan.


Normalnya, seseorang membereskan meja kerja setiap kai setelah usai digunakan sehingga keesokan harinya dalam keadaan bersih. Sudah menjadi rahasia umum bahwa yang namanya kantor tidak mungkin bisa lepas 100% dari penggunaan kertas, apalagi untuk urusan cetak menyetak. Menjadi tidak umum adalah ketika kertas, berkas, dokumen serta apapun namanya teronggok begitu saja di sudut ruang kantor.


Pemandangan seperti jelas-jelas tidak enak dipandang, terkesan kotor dan berantakan dan parahnya lagi membawa pengaruh buruk terhadap psikologis oran-orang yang bekerja di sekitarnya. Sulit berkonsentrasi dan tumpulnya kreatifitas yang bisa berujung pada rasa malas datang ke kantor hanya 3 dari sekian banyak akibat buruk lainnya dari suasana kantor yang berantakan itu tadi.


Anda bahkan bisa membaca seperti apa kepribadian orang yang bisa-bisanya membiarkan meja kerja atau ruang kerjanya berantakan. Apa yang terlihat secara fisik juga bisa mewakili watak seseorang.



Karena itu yuk segera bereskan setiap inci dari ruang kantor Anda agar semangat kerja punkembali menyala. Mudah saja kok mengawalinya.

  • Identifikasi lokasi paling parah hingga yang paling aman. Lalu mulailah dari yang paling aman karena hanya memerlukan sedikit waktu membereskannya. Misalnya benda-benda di atas meja kerja Anda belum ada pada tempatnya, maka hanya butuh beberapa menit untuk merapikan    


  • Beralih ke lokasi yang paling parah. Mulailah dengan mensortir berkas mana yang penting dan harus disimpan serta mana yang boleh dibuang


  • Mintalah dus pada OB atau beli bila perlu. gunakan untuk menyimpan file penting dan simpan di gudang. Bila ternyata tidak ada ruang kosong lagi di gudang maka posisikan di tempat yang agak tersembunyi supaya kardus tadi tidak mengganggu pemandangan. Paling tidak sudah tidak ada lagi kertas-kertas bertebaran.


Hal positif dari ruangan yang bebas dari tumpukan kertas, antara lain:


  • Ruangan terlihat lebih luas karena sudut yang tadinya dihuni oleh onggokan kertas sudah kosong


  • Anda bisa mulai berpikir lebih jernih. Tidak adanya pemandangan berantakan berpengaruh terhadap cara berpikir Anda lho!


  • Membereskan ruang kantor sama saja seperti Anda beres-beres isi otak. Peneliti dari Yale menyatakan bahwa membereskan lembaran-lembaran kertas merupakan tantangan paling sulit dalam membereskan ketidakteraturan itu tadi


BACA JUGA: Pusing dengan Filing Anda Kita Belajar Merapikan Data Yuk

 



 



Sumber:  psychologytoday.com



Reaksi Anda:





leave your comments: