Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Industry

Printing, Publishing dan Jenis Media Cetak yang Dihasilkan

Ketika mendengar kata printing, orang kerap mengasosiasikannya dengan produk percetakan semisal kartu nama atau sticker. Itu memang benar adanya, disamping ada jenis printing lain yang masih ada pertalian saudara yaitu publishing. Industri yang menyakup penyetakan baik itu buku hingga beragam media beserta publikasinya berkembang memiliki pasar yang tidak pernah mati ditengah gempuran digitalisasi. Dari sekian banyak media cetak yang ada, apa saja yang Anda ketahui secara pasti definisi maupun karakternya. Informasi berikut mungkin bisa membantu.


  • Surat kabar

Lumrah disebut sebagai koran oleh masyarakat kita, diambil dari bahasa Belanda, krant. Biasanya dicetak dengan tinta hitam di atas kertas berkualitas rendah untuk menekan harga. Berita yang dimuat sangat beragam dari mulai olahraga ekonomi, properti hingga karikatur. Diterbitkan setiap hari kecuali hari libur atau hari-hari besar.   


  • Tabloid

Sebenarnya tabloid adalah versi kecil dari surat kabar yaitu sekitar 5g cm x 37 cm dengan isi berita tidak seserius surat kabar dan jadwal terbitnya pun bisa 2 mingguan atau bulanan. Nova dan Nakita adalah dua contoh tabloid yang segmen pasarnya kaum wanita.


  • Majalah

Media cetak yang satu ini menggunakan kertas glossy dan teknik cetak berkualitas dengan warna warni yang menarik mata. Bagian iklan pada majalah bisa dibuat dalam berbagai ukuran serupa dengan koran.


  • Buletin

Publikasi menggunakan buletin biasa dilakukan oleh organisasi atau perusahaan untuk menginformasikan, mengedukasi, memengaruhi sekaligus menghibur pembacanya yang berada di dalam lingkup internal. Karenanya buletin tidak dijual bebas, dan setiap organisasi hampir pasti memilikinya.


Dari keempat jenis media cetak tersebut, surat kabar memegang peranan penting dalam sejarah Indonesia. Lewat media inilah suara rakyat diperdengarkan dan kabar kemerdekaan digemakan. Tercatat surat kabar Berita Indonesia dan Merdeka turut serta menyebarkan berita kemerdekaan. Sekarang setelah Anda sudah lebih memahami masing-masing perbedaan media cetak, mana dari media cetak di atas yang paling sering Anda konsumsi?


BACA JUGA: Kertas sebagai Representasi Era Moderen



















Sumber:  kumparan.com; wikipedia.com



Reaksi Anda:





leave your comments: