Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Go Green

Penerapan Ramah Lingkungan di Lingkungan Kantor

Pernahkah Anda berpikir tentang kelangsungan bumi yang Anda tinggali ini? dan sudah sejauh mana Anda sebagai bagian dari peradaban manusia berupaya menjalani gaya hidup yang ramah lingkungan? Sebagai informasi, Anda yang memilih untuk bekerja secara remote sedikit banyak sudah menerapkan hal tersebut. Tidak percaya? Dengan bekerja dari rumah paling tidak sudah berkurang satu orang yang menyumbang asap kendaraan. Bayangkan bila semakin banyak orang melakukan ini maka tingkat polusi pun bisa semakin jauh berkurang. Car free day adalah contoh gampangnya di mana pada hari dilaksanakannya secara otomatis udara di pagi hari tidak sekotor hari-hari biasanya.


Perilaku ramah lingkungan juga bisa diterapkan di dalam lingkup perusahaan lho, dengan memerhatikan faktor-faktor berikut.

Ubah sistem konvesional menjadi digital

Perlahan namun pasti memindahkan seluruh proses dan sistem administrasi kerja ke digital. Dengan begitu otomatis penggunaan kertas, pulpen, tinta printer dan lain sebagainya yang berhubungan dengan office supply atau stationary perlahan akan berkurang hingga nantinya suatu saat tidak dibutuhkan lagi.

  • Update alamat email semua orang di dalam perusahaan untuk berkomunikasi dan atau mengirim data. Dengan begitu perusahaan bisa menhemat pengeluaran untuk USB.

  • Gunakan cloud untuk penyimpanan dan berbagi data tanpa perlu dicetak. Anda sudah berkontribusi meminimalisir penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas.


BACA JUGA: Yuk Maksimalkan Penggunaan Kertas


  • Gunakan printer hanya untuk dokumen tententu yang membutuhkan tanda tangan asli misalnya. Masih satu paket dengan kertas tadi, Anda juga menghemat belanja tinta/ tomer sekaligus maintenance printer




  • Gunakan platform online seperti Slack atau Hangout untuk berkomunikasi satu sama lain menggantikan telepon meja yang membuang waktu Anda sekian menit untuk mengangkat dan menutup gagang telepon --> hemat biaya telepon


Penyesuaian desain ruangan

  • Perbanyak ruangan terbuka dengan jendela-jendela besar sebagai jalan masuk cahaya alami untuk menggantikan lampu. Selain hemat biaya listrik, cahaya matahari pagi baik untuk kesehatan. Bila mulai terik di siang hari cukup turunkan tirai penghalang agar masih ada cukup penerangan untuk Anda bekerja.


  • Atur ruangan dengan desain terbuka agar pandangan setiap orang leluasa memandang ke segala arah tanpa dibatasi kubikel-kubikel yang secara tidak langsung juga membatasi kreatifitas Anda.  


  • Gunakan lampu dengan sensor otomatis menyala ketika suasana mulai gelap dan mati ketika suasana masih terang.


  • Gunakan AC sesuai kebutuhan, tidak perlu disetting dari sentral karena tidak semua orang kuat dengan suhu yang rendah. Lagipula itu tidak baik untuk kesehatan kulit. Ketika di luar ruangan suhunya panas lalu tiba-tiba berganti dingin di dalam ruangan. Ini masalah yang terjadi di hampir semua gedung perkantoran.  


Ganti kebutuhan kamar kecil

  • Gunakan tisu dari bahan daur ulang mengingat kebutuhan yang satu ini cukup sulit untuk diminimalisir. Tapi paling tidak Anda mengganti tisu biasa dengan produk daur ulang.


 






  kantor

Sumber:  americanexpress.com



Reaksi Anda:





leave your comments: