Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Pemasangan Spanduk di Area Publik

Setiap kali menghadapi pemilihan kepala daerah atau pemilu yang akan dilaksanakan tahun 201g mendatang, spanduk-spanduk aneka ukuran bergambar calon pasangan yang berkampanye sudah pasti ada di sudut-sudut jalan yang strategis. Saking banyaknya, tidak jarang malah mengganggu ketertiban kota dan terpaksa diturunkan oleh petugas setempat.


Sebagai media promosi luar ruang, pemasangan spanduk, baliho atau billboard dan berbagai jenis lainnya memang harus mengikuti peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah daerah.


Untuk keperluan komersil, wilayah DKI Jakarta punya peraturannya sendiri yaitu Perda No. g Tahun 2014 mengenai Penyelenggaraan Reklame. Salah satu pasalnya sebagai berikut.


Pasal 12


(1) Penyelenggara Reklame/Biro Reklame dan pemilik Reklame/produk dilarang menyelenggarakan Reklame yang bersifat komersial pada :

a. gedung dan/ atau halaman kantor Pemerintah

Pusat/Daerah/TNI/Polri, tidak termasuk halaman kantor dan

gedung milik BUMN dan BUMD

b. gedung dan/atau halaman tempat pendidikan/sekolah dan

tempat-tempat ibadah; dan

c. tempat-tempat lain yang ditetapkan dengan Peraturan

Gubernur



Sementara untuk mengatur pampanye politik, KPU (Komisi Pemilihan Umum) juga punya peraturan Nomor 15 tahun 2013, tentang pedoman pelaksanaan kampanye pemilihan umum anggota DPR/ DPRD dan DPD RI.


Dalam peraturan tersebut, spanduk dapat dipasang oleh partai politik dan calon anggota DPR, DPD dan DPRD dengan ukuran maksimal 1,5 x 7 meter sebanyak satu unit pada zona atau wilayah yang ditetapkan oleh KPU.


Peraturan-peraturan semacam ini diperlukan karena spanduk dan atau alat peraga lainnya akan dilihat oleh orang banyak sehingga dapat menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda, diantaranya

- Mempengaruhi sebuah citra produk/ perusahaan/ individu/ partai

- Menimbulkan kepercayaan dari orang banyak

- Mengingatkan masyarakat umum pada sebuah produk/ perusahaan/ individu/ partai

- Membangun loyalitas masyarakat umum ataupun konsumen


Dengan fungsi-fungsi tersebut, pembuatan spanduk dan atau media luar ruang lainnya membutuhkan perencanaan desain serta copy yang matang agar tujuan kampanye tepat sasaran.


Baca juga: Cara Menarik Perhatian Orang Agar Membaca Spanduk Anda


  Spanduk

Sumber:  Berbagai Sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: