Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Bisnis Center

Menjadi Pemula di Bidang Usaha Percetakan

Tergiur dengan dunia prospek usaha di percetakan? Tidak heran karena industri yang satu ini memang mampu bertahan dan beradaptasi dengan tuntutan jaman. Bila Anda berniat menyeriusi lahan bisnis ini mulailah mencermati pangsa pasar yang ada, karya ranah percetakan sangat luas dari mulai kios printing biasa sampai ke level percetakan besar yang menerima order seperti kartu nama, kalender atau spanduk.    


  • Kios cetak rumahan

Memulai usaha percetakan tidak selalu berarti harus memiliki mesin dan bahan bakunya sendiri. Contohlah kios-kios printing yang juga melayani fotokopi umumnya menyewa mesin dalam jangka waktu tertentu. Layanan cetak yang tersedia pun terbatas pada penyetakan data ke atas kertas HVS, penggandaan berkas serta penjilidan. Hal ini sesuai dengan lokasi usaha yang biasanya berdekatan dengan perumahan dan atau pusat pendidikan. Karena itu juga kios cetak seperti ini melengkapi dagangannya dengan berbagai jenis kertas, karton, map, hingga alat tulis. Beberapa malahan ada yang menyediakan fasilitas photo studio.      


  • Investasi mesin

Sebagai pebisnis pemula, kami tidak menyarankan Anda untuk harus memiliki mesin cetak sendiri. Namun bila memang itu yang Anda targetkan dan ada dana lebih untuk alokasi mesin maka silahkan saja. Mesin cetak digital sepertinya akan cocok untuk pengusaha pemula karena pengoperasiannya cenderung lebih mudah dibandingkan offset. Selain melayani permintaan cetak berbagai material dari bahan baku kertas, tidak ada salahnya juga bila Anda menyasar pasar sablon digital pada bahan tekstil seperti distro.


  • Online marketplace

Bisa dibilang ini adalah sistem usaha percetakan yang lebih sederhana karena Anda tidak perlu memiliki mesin sendiri. Dengan bermodal contoh-contoh desain pada website, Anda bisa menerima order untuk kemudian mengopernya lagi kepada vendor-vendor yang sudah bekerja sama. Tentu tidak ada bisnis yang tidak beresiko bukan? Dalam memilih vendor pun Anda harus berhati-hati memilah mana yang bisa diandalkan dari sisi ketepatan waktu, harga dan juga sikap kooperatif. Hal lain yang juga harus Anda pertimbangkan ketika memilih jalur online adalah menyediakan sumber daya untuk merespon semua pertanyaan dan permintaan pelanggan.


Ada satu lagi yang lebih memudahkan ketika Anda butuh mencetak dalam jumlah besar yaitu dengan melakukan pemesanan melalui Printerqoe.com. Pemanfaatkan teknologi pada platform ini membuat Anda tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan hasil cetak dokumen, malahan akan mendapat diskon 20% pada saat mendaftar memjadi anggota di Printerqoe.com.


Baca juga: Mudahnya ngePrint di Era Digital

  





Sumber:  berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: