Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Technology

Memilih Kertas untuk Cetak Dokumen Berkualitas

Untuk mendapatkan hasl print berkualitas bagi dokumen Anda, pemilihan kertas yang tepat juga perlu dipertimbangkan. Termasuk ketika Anda akan mencetak dokumen teks. Berikut ini kami akan berikan panduan singkat memilih kertas untuk hasil print berkualitas bagi dokumen Anda. Selamat membaca!

Kertas HVS dan Kertas Cetak

Kertas HVS banyak dimanfaatkan baik untuk menghasilkan print berkualitas maupun untuk kebutuhan fotokopi. Jenis kertas yang satu ini sering dikenal akan warnanya yang putih dan proses pembuatannya juga ada yang memanfaatkan bahan daur ulang agar ramah lingkungan. Selain itu, jenis kertas yang satu ini juga biasanya belum mengalami berbagai proses pengolahan lanjutan.


Sedangkan kertas cetak sudah mengalami berbagai proses yang lebih lanjut. Misalnya adanya lapisan coating untuk efek kilau dan membuat kertas jadi jauh lebih tahan lama. Umumnya, Anda bisa temukan kertas cetak glossi dengan permukaan mengilap dan kertas cetak matte yang permukaannya tidak mengilap. Pemanfaatan jenis kertas yang satu ini sangat direkomendasikan untuk menghasilkan print berkualitas, terutama saat Anda mencetak gambar. Dokumen yang memiliki banyak gambar juga sebaiknya dicetak di atas jenis kertas satu ini.


Jenis kertas cetak sangat bervariasi, sehingga penggunaannya juga sangat luas. Misalnya, ada jenis art carton yang bagus untuk mencetak map dan kartu nama. Kemudian ada art paper yang cocok digunakan untuk mencetak brosur atau halaman majalah.

Pilih Jenis Kertas Sesuai Penggunaan

Apabila Anda akan menggunakan dokumen untuk diserahkan kepada klien atau partner bisnis, maka pastikan hasil print berkualitas didukung oleh jenis kertas yang tepat. Art paper dapat menjadi pilihan yang sesuai agar kesan yang diberikan lebih profesional. Sedangkan jika dokumen hanya akan digunakan untuk kepentingan internal, maka mencetaknya di atas kertas HVS tidak jadi masalah sama sekali. Jenis kertas ini juga lebih cocok digunakan jika dokumen yang akan dicetak akan disimpan. Sebab kertas HVS relatif lebih tipis dibandingkan kertas cetak, sehingga tidak akan makan banyak tempat.

Dan jika Anda akan mencetak dokumen pada kedua sisi kertas, paling baik adalah mencetaknya di atas kertas yang relatif lebih tebal untuk hasil print berkualitas. Sebab, hal ini untuk mencegah tinta yang merembes ke sisi kertas satunya. Selain itu, pilih juga jenis tinta yang lebih mudah kering.

Pilih Kertas Berdasarkan Tingkat Keputihannya

Ketika Anda akan mencetak dokumen hanya untuk kepentingan internal, barangkali seberapa putih kertas tidak akan terlalu jadi masalah besar. Tapi, lain cerita jika dokumen tersebut akan Anda berikan kepada klien atau partner bisnis. Selain hasil print berkualitas, kertas yang lebih putih memberikan kesan yang lebih bersih dan profesional.

Pilih Kertas Berdasarkan Beratnya

Seberapa tebal kertas juga sangat memengaruhi bagaimana hasil cetaknya nanti. Untuk hasil print berkualitas, tentu Anda perlu pilih kertas yang ketebalannya memang sesuai. Ketebalan kertas sendiri ditentukan berdasarkan gramasi atau gram per meter perseginya (gram per square atau GSM). Anda pastinya sudah sering melihat label seperti HVS 70 gsm atau HVS 80 gsm, bukan? Nah, karena semakin besar gram per meternya, maka kertas pun makin tebal dan lebih besar bobotnya. Jadi, makin tebal kertas pun makin kuat atau tahan lama sifatnya.

Untuk kertas HVS, pilihan ukurannya biasanya adalah 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm, dan 100 gsm. Sedangkan untuk art paper, pilihannya berkisar antara 85 sampai 50 gsm. Dan untuk art carton, pilihannya berkisar di antara 190 sampai 400 gsm.

Beberapa Jenis Kertas Tidak Bisa Digunakan untuk Printer Tertentu

Setelah memilih jenis kertas yang sesuai, perhatikan juga bahwa printer juga memiliki keterbatasan tertentu. Misalnya, hanya ada jenis-jenis kertas tertentu saja yang bisa digunakan dengan printer tertentu. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana printer bekerja ketika digunakan. Dan mesin printer yang sesuai dengan jenis kertas yang digunakan jelas menjamin hasil print berkualitas.


Bagaimana jika jenis kertas yang akan digunakan ternyata tidak cocok dengan printer yang ada? Jangan khawatir, karena Anda bisa cetak di berbagai jasa print berkualitas terdekat. Untuk menemukan tempat print berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, gunakan aplikasi PrinterQoe dari smartphone Anda! Unduh aplikasinya dari Google Play atau App Store sekarang juga!

 

 

Baca Juga : PrinterQoe Menawarkan Solusi Print Online Praktis






Sumber:  Berbagai Sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: