Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Media Untuk Promosi Usaha Anda

Sejak tahun 2015 ada sekitar 1.500 usaha rintisan yang ada di Indonesia. Menurut perkiraan, perkembangan usaha rintisan di tanah air dalam tiga tahun kedepan mencapai 13.000 usaha. Dari lini bisnis e-commerce, perkembangannya mencapai 50% per tahun dengan nilai mencapai milyaran rupiah.


Apakah usaha anda termasuk dalam ribuan usaha rintisan yang kini tengah mengembangkan sayap kesuksesan? Anda pasti membutuhkan promosi yang tidak setengah-setengah, agar usaha berupa produk barang maupun jasa yang dihasilkan, dikenal oleh masyarakat luas. Bermacam model promosi dapat menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan awareness orang-orang terhadap usaha Anda. Mulai dari yang berbudget rendah hingga budget miliaran rupiah.


Media promosi merupakan sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan produk barang maupun jasa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Apabila Anda memiliki budget yang besar untuk melakukan promosi, Anda dapat menggunakan media promosi seperti melalui media surat kabar, majalah, televisi, radio dan billboard. Apa saja kelebihan dan kekurangan media promosi berbudget mahal ini? Berikut ulasannya.


Pertama, media televisi.

Pesan dapat tersampaikan dengan kombinasi komplit audio dan visual. Melalui media promosi ini, usaha Anda mendapat banyak perhatian dari audience karena jangkauannya yang luas, serta  banyak mendapatkan citra positif dari penonton. Namun untuk mendapatkan hati di mata audience, Anda harus mempromosikan usaha dengan frekuensi pemasangan harus sering dan berulang.


Kedua, media surat kabar.

Lewat surat kabar, promosi usaha Anda dapat ditempatkan di lokasi yang potensial dengan jadwal promosi cukup baru. Para pembaca majalah juga bisa melakukan kontrol terhadap paparan atau informasi produk Anda. Sayangnya, beberapa media surat kabar menerbitkan kualitas cetakan dan gambar yang kurang sempurna, serta kemapuan menarik perhatian rendah lantaran audience terbatas yang meneruskan informasi kepada orang lain.


Ketiga, media majalah.

Melalui media majalah seleksi segmen lebih akurat, terpercaya, serta memiliki kualitas gambar dan cetakan baik. Selain itu media ini lebih berumur panjang dari segi informasi yang disampaikan dan cukup baik dari segi pemaparan untuk selanjutnya disampaikan kepada orang lain.  Sayang dengan media majalah, tak hanya biaya pemasangan yang murah, audience pun harus membeli dengan harga tinggi dibandingkan dengan surat kabar. Selain itu  tenggang pemuatan iklan usaha Anda juga lama, serta tidak ada jaminan mendapat posisi pemuatan yang baik.


Jangan berkecil hati, kalau dana untuk mempromosikan usaha Anda tidaklah besar. Masih terdapat alternatif media promosi yang bisa Anda coba. Berikut pemaparannya:


Pertama, media brosur atau folder

Dengan pilihan media brosur atau folder, informasi yang diberikan lebih spesifik, langsung ditujukan pada personal dan tentu saja biaya produksinya lebih murah. Agar mendapatkan perhatian, tampilan visual harus dibuat semenarik mungkin. Tak hanya itu, isi dari brosur pun harus menarik, sesuai dengan kebutuhan target usaha Anda. Agar hasil cetak brosur atau folder Anda baik dan berkualitas, jangan lupa mencetak dokumen Anda melalui PrinterQoe. PrinterQoe merupakan platform pencetakan dokumen yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan hasil yang berkualitas. Dengan mengakses PrinterQoe, Anda akan mendapatkan beragam informasi akurat mengenai harga dan jasa printing dokumen secara online. Lewat PrinterQoe, Anda dapat memilih tempat cetak atau print sesuai lokasi terdekat Anda.


Kedua, media banner dan poster

Apabila Anda memilih media banner dan poster sebagai media promosi, maka daya jangkau dan raihan cukup besar. Meski informasi yang ditampilkan terbatas, Anda harus membuat desain yang menarik agar mendapatkan perhatian Audience. Selain itu Anda harus bisa memilih posisi yang strategis agar segmen yang Anda tuju dapat tercapai. Agar hasil cetak banner maupun poster bagus dan berkualitas, Anda harus mencetak di tempat yang tepat. Anda dapat memilih tempat cetak banner maupun poster melalui platform PrinterQoe. Dapat mencetak di lokasi terdekat dengan Anda, PrinterQoe merupakan platform pencetakan dokumen yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cetak dokumen penting melalui  PrinterQoe, Anda akan mendapatkan beragam informasi akurat mengenai harga dan jasa printing dokumen secara online, serta hasil print yang berkualitas.


Ketiga, media handphone

Beriklan melalui handphone, Anda dapat menciptakan  komunikasi dua arah dengan audience, sehingga lebih interaktif. Dengan handphone, jangkauan audience akurat. Informasi iklan pun bisa bisa disimpan dan tidak mudah hilang, serta bisa diakses kapan saja  dan dimana saja. Sayangnya tidak bisa terlalu banyak menampilkan tulisan, informasi yang disampaikan pun terbatas.


Sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing media. Sekarang tinggal Anda yang menentukan, media promosi apa yang akan Anda pilih. Bila Anda memilih media brosur, folder, banner dan poster, lakukan cetak dokumen di platform PrinterQoe. Dengan hasil cetak berkualitas dan harga terjangkau, Anda dapat mencetak dokumen lebih cepat dan mudah tanpa perlu mengantri lama.


 

Baca Juga : 5 Material yang Sesuai untuk Promosi Luar Ruang



Sumber:  Berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: