Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Media Cetak Masih Punya Gigi Di Hadapan Media Online

Pada kenyataannya masih ada orang-orang yang lebih suka membaca berita di koran dari pada membaca secara online. Walaupun memang era digitalisasi tidak bisa mencegah orang beralih ke media online, tapi nilai kredibilitas memang terasa lebih bisa dipercaya bila sebuah berita dicetak di kertas koran.


Survei Nielsen Consumer & Media View hingga triwulan ketiga 2017 menyatakan bahwa kebiasaan membaca orang Indonesia mengalami pergeseran. Pada 2017, tingkat pembelian koran secara personal hanya sebesar 20%, menurun dibandingkan tahun 2013 yang mencapai 28%. Jumlah pembaca versi digital sendiri mencapai 6 juta orang dengan penetrasi sebesar 11%. Itu menandakanahwa minat membaca bukan turun melainkan berganti medianya saja.


Namun bisa jadi juga bahwa pergeseran media ini terjadi karena orang merasa bisa  mengonsumsi berita secara gratis lewat gadget mereka ketimbang membeli surat kabar. Apalagi mereka bisa memanfaatkan fasilitas kantor yang berlangganan beberapa surat kabar sekaligus setiap bulannya.


  • Kredibilitas media cetak

Sebuah berita yang diulas di dalam surat kabar mengupasnya hingga tuntas sehingga ornag pun dapat memahaminya secara utuh. Apalagi surat kabar yang sudah memiliki nama besar menjadi semacam jaminan bahwa berita yang dikabarkan bisa dipercaya. Tidak ada ceritanya berita hoax yang lolos dari editorial koran ternama, terkecuali koran-koran yang tidak jelas juntrungannya.


  • Koran merupakan 'obat' bagi pencari kerja

Masih ingatkan Anda ketika dulu menanti-nanti datangnya loper koran di akhir pekan? Lowongan kerja yang dimuat di dalamnyalah yang membuat Anda menantikan surat kabr hari itu. Bisa disimpulkan bahwa lowongan yang tercantum di dalam surat kabar bisa dipertanggungjawabkan, karena mereka kanharu smengeluarkan uang untuk memasang iklan. Pihak-pihak yang membutuhkan kepercayaan seperti asuransi maupun bank juga kerap memanfaatkan surat kabar sebagai sarana promosi mereka  


Mengutip pernyataan dari Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Nielsen Media di Nielsen.com, bahwa unsur kepercayaan terhadap konten berpengaruh terhadap iklan yang ada di dalamnya. Dari profil pembaca tahun 2017 ditemukan bahwa kecenderungan konsumsi media cetak di Indonesia adalah 74% pada rentang usia 20-4g tahun dengan status karyawan sebanyak 32% dan 54% berasal dari kelas atas.


BACA JUGA: Alasan Ilmiah Mengapa Buku Banyak Disukai Orang





















 




  cetak

Sumber:  nielsen.com; katadata.co.id



Reaksi Anda:





leave your comments: