Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Kertas Sebagai Representasi Era Moderen

Peradaban manusia ditandai dengan adanya bukti-bukti goresan gambar dan simbol di dinding-dinding gua sebagai cara mereka berkomunikasi satu sama lain. Kemajuan peradaban juga kemudia ditandai dengan hadirnya berbagai media sebagai tempat untuk menuliskan tata cara peribadatan hingga keseharian.


Dinding batu bertransformasi menjadi berbagai bentuk lainnya dengan fungsi yang sama yaitu tempat orang merekam informasi secara tertulis. Papyrus yang terbuat dari batang tanaman, lempengan tanah liat, perkamen, hingga gulungan daun lontar yang kita kenal di Indonesia, semuanya merupakan cikal bakal sebuah teknologi yang kini menjadi bagian dari kehidupan manusia yaitu kertas.    

Sebagai produk yang dihasilkan dari alam, kertas hadir dalam berbagai bentuk sebut saja buku, berbagai jenis produk percetakan hingga material dekorasi seperti walpaper. Namun tahukah Anda bagaimana proses menemukan metode membuat kertas?


Teknologi sederhana pembuat kertas

Berawal dari mahalnya harga papyrus sebagai media untuk menulis, seorang petugas kerajaan Cina bernama Ts'ai Lun melakukan percobaan. Ia mengambil serat dari pohon Mulberry lalu menumbuknya hingga menjadi lembaran. Dari sinilah awalnya kertas ditemukan yakni pada sekitar tahun 105 AD. Setelahmengalami beberapa penyempurnaan, bangsa Cina kemudian mulai memraktekan menulis di atas kertas.   


Gambar: shutterstock.com


Penyebaran kertas ke negara-negara di dunia

Untuk waktu yang lama, bangsa Cina merahasiakan cara membuat kertas dengan tujuan monopoli. Namun kemudian pasukan CIna di bawah kepemimpinan T'ang dikalahkan oleh kekaisaran Ottoman Turki, yang mengakibatkan beberapa prajurit beserta pekerja pembuat ditawan dan dibawa ke Samarkand. Dari sanalah awalnya bangsa Arab mulai mempelajari proses pembuatan kertas dan mulai membangun industri kertas di Baghdad pada 7g3 AD. Mereka pun juga menjaga ketat metode ini dari bangsa Eropa hingga berdekade berikutnya.


Sementara di Mesir, orang masih menggunakan papyrus yang terbuat dari tanaman yang tumbuh di tepi sungai Nil. Baru pada abad ke 10 bangsa Mesir belajar membuat kertas dari bangsa Arab dan dari sanalah teknologi kertas menyebar hingga ke Afrika Utara, Spanyol, dan seluruh dunia.  


Gambar: shutterstock.com



Benda-benda yang digunakan sebagai media tulis sebelum kertas antara lain:

  • Bambu dan secarik kain sutra oleh bangsa Cina

  • Papyrus, lempeng tanah liat dan perkamen oleh bangsa Mesir


Alternatif kegunaan kertas

Setelah menemukan kertas dan menggunakannya untuk menulis, orang-orang Cina terbukti kreatif dengan memanfaatkan ketas sebagai bahan pembuat layangan, kartu, kipas, hingga kertas toilet pada tahun 1300-an.  


Pada abad ke 15, lembaran kertas yang digabung dan disebut buku diproduksi masal oleh Johannes gutenberg yang juga penemu mesin cetak pertama di dunia. Buku ini dikenal sebagai Injil hasil cetakan pertama pada tahun 1453.  


Baca juga: Bahan Baku Alternatif Pembuat Kertas Selain Kayu


  kertas

Sumber:  silk-road.com; quatr.us



Reaksi Anda:





leave your comments: