Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Ingin Mendapatkan Hasil Print Berkualitas? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Tak perlu diragukan lagi bahwa Anda pasti menginginkan hasil print berkualitas untuk dokumen, terutama dokumen grafis Anda. Sayangnya, terkadang hasil jadi yang sudah dicetak rupanya tidak nampak sama memuaskannya dengan hasil desain ketika masih dilihat dari layar laptop atau komputer Anda. Masalah ini sering kali dialami oleh mereka yang masih awam maupun yang baru pertama kali mencetak.

Apakah Anda salah satu dari mereka yang pernah maupun sedang mengalami masalah yang sama? Untungnya, mendapatkan hasil akhir print berkualitas itu tidaklah mustahil! Anda tidak perlu jadi desainer grafis yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun untuk mengetahui tipsnya. Berikut ini adalah tips penting untuk mendapatkan hasil jadi print berkualitas yang sesuai dengan desain di laptop atau kamputer Anda!

Pilih Mana, RGB atau CMYK?

Untuk hasil akhir print berkualitas, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan mode pewarnaan CMYK (cyan, magenta, yellow, dan black) dan bukannya mode pewarnaan standar RGB (red, green, dan blue alias 3 warna dasar). Sebab, berbagai tempat jasa print berkualitas menggunakan CMYK untuk mencetak dokumen grafis yang mereka terima untuk dikerjakan. Salah satu keuntungan dari menggunakan mode pewarnaan CMYK adalah untuk menunjukkan warna secara akurat, sesuai dengan desain yang telah dibuat.


Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa sering kali ada warna-warna yang tidak nampak di desain Anda begitu Anda sudah mengubah mode pewarnaan dari RGB ke CMYK. Misalnya, warna hijau serta biru jadi tidak berwarna. Hal ini disebabkan jangkauan warna CMYK yang tidak seluas RGB. Akan tetapi, untuk hasil print berkualitas yang benar-benar Anda inginkan, CMYK lebih dianjurkan karena pada realitanya, pilihan tinta yang bisa digunakan memiliki pilihan warna yang relatif terbatas. Jadi, warna-warna tersebut bisa jadi tidak terlihat sesuai dengan desain yang telah dibuat ketika Anda tetap menggunakan mode pewarnaan RGB/


Pemilihan Resolusi yang Tepat

Idealnya, buat desain dalam ukuran atau resolusi yang besar agar hasil cetaknya sesuai. Sebab, jika resolusi file desain Anda terlalu rendah, hasil print berkualitas tidak bisa Anda miliki lantaran kualitas gambar yang jadi pecah atau buram ketika sudah dicetak. Resolusi yang paling dianjurkan saat membuat desain adalah 300 dpi (dots per inch). Jadi, bahkan sebelum Anda mulai membuat desain di laptop atau komputer Anda, pastikan Anda telah memilih ukuran resolusi yang sesuai untuk hasil akhir print berkualitas yang benar-benar sesuai dengan yang Anda inginkan.


Perhatikan Pengaturan Ukuran Dokumen yang Tepat

Meskipun ukuran dokumen atau file terdengar sepele, nyatanya banyak pemula yang sering melewatkan atau bahkan meremehkan pentingnya aspek ini demi hasil print berkualitas. Akibatnya, hasil cetak tidak sesuai yang diinginkan. Umumnya, berbagai jasa print berkualitas menggunakan ukuran kertas yang sesuai dengan standar ISO 216, atau yang lebih sering dikenal dengan ukuran kertas seri A. Misalnya A0, A1, A2, dan A3. Ketahui ukuran kertas yang akan digunakan ketika akan membuat desain agar tidak repot di kemudian hari.


Pemilihan Jenis Kertas yang Sesuai

Jenis kertas yang sesuai juga memainkan peran besar untuk hasil print berkualitas Selain itu, perhatikan juga pilihan gramasi kertas yang menentukan ketebalan serta berat selembar kertas. Karenanya, kenali dulu jenis-jenis kertas yang biasa digunakan saat mencetak agar Anda tahu jenis kertas mana yang cocok untuk desain Anda.


Pilih Format File yang Tepat

Biasanya, perubahan format dan bahkan jenis font sering terjadi ketika desain yang Anda buat diakses dari komputer lain. Hal ini bisa menimbulkan kerepotan, dan bahkan hasil print berkualitas yang tidak sesuai. Karenanya, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menyerahkan hasil desain dalam format PDF dengan resolusi 300 dpi agar tidak terjadi perubahan format atau elemen desain.


Pilih Percetakan yang Profesional

Tentunya, di mana Anda mencetak juga akan sangat memengaruhi hasil cetak. Untuk hasil print berkualitas, pilih hanya percetakan yang profesional dan terpercaya. Untuk membantu Anda menemukan jasa percetakan berkualitas terdekat dengan mudah dan cepat, Anda bisa manfaatkan aplikasi PrinterQoe yang bisa Anda download dari Google Play dan App Store!



Sumber:  Berbagai Sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: