Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Cetak Dokumen Dengan Printer Inkjet Dan Printer Laser

Cetak dokumen dapat dilakukan oleh siapa saja selama memiliki mesin pencetak, yaitu printer. Untuk dapat mencetak dokumen, komputer atau laptop harus dihubungkan dengan printer yang menyala. Tentu saja printer tersebut harus juga berisi tinta yang cukup untuk menghasilkan cetakan yang diinginkan.

Printer Inkjet VS Printer Laser

Terdapat dua jenis printer yang sering digunakan untuk melakukan proses cetak dokumen, yaitu printer inkjet dan printer laser. Berikut spesifikasi yang dimiliki oleh masing – masing jenis printer ini:

  1. Printer Inkjet
  2. Harga printer lebih murah
  3. Tinta yang digunakan menggunakan catridge. Apabila tinta telah habis, maka dapat dilakukan pengisian ulang hingga maksimal 10 kali. Penggantian catridge harus dilakukan apabila hasil cetakan mulai menurun.
  4. Dapat digunakan untuk mencetak secara hitam putih maupun berwarna.
  5. Ukuran printer standard, kecuali untuk printer dengan model multifungsi (print, cetak, kopi).
  6. Perawatannya lebih mudah, termasuk dalam pengisian ulang tinta dan penggantian catridge.
  7. Rata – rata kecepatan cetak adalah 6 halaman per menit.

Kecepatan cetak lebih lambat apabila dibandingkan dengan printer laser. Terutama karena jenis tinta yang digunakan adalah tinta cair yang memerlukan lebih banyak waktu untuk menempel dengan sempurna di atas kertas.

  1. Printer Laser
  2. Harga printer laser lebih mahal dibandingkan dengan harga printer inkjet
  3. Tinta yang digunakan berbentuk serbuk dalam kemasan toner. Apabila toner telah mengering, dapat dilakukan pengisian ulang hingga maksimal dua kali. Toner harus diganti untuk memperoleh hasil cetakan maksimal. Tersedia pula toner KW, namun hasil cetakannya sering kurang sempurna.

Meskipun harga toner cenderung mahal, tetapi jumlah hasil cetakan yang dihasilkan lebih banyak daripada jumlah hasil cetakan pada printer dengan catridge.

  1. Printer laser biasanya diproduksi dengan satu warna, yaitu hitam putih. Untuk printer laser warna jarang dipergunakan karena harganya yang sangat mahal.
  2. Ukuran printer lebih besar. Begitu pula dengan ukuran toner tintanya.
  3. Perawatannya lebih sulit. Pengisian ulang toner tidak dapat dilakukan sendiri karena memerlukan mesin khusus untuk menempelkan serbuk.
  4. Rata – rata kecepatan cetak 20 lembar per menit.

Meskipun proses cetaknya sangat cepat, tetapi kualitas hasil cetakan dengan printer laser dianggap lebih bagus dibandingkan dengan hasil cetakan pada printer inkjet. Terutama karena tinta serbuk yang digunakan merupakan jenis tinta kering yang cepat menempel pada kertas.

Karena harganya yang mahal, printer jenis laser lebih sering ditemukan pada kantor – kantor yang memerlukan proses pencetakan cepat dan dalam jumlah banyak. Printer laser juga dapat ditemukan pada tempat layanan jasa cetak. Tetapi biaya cetak dengan laser cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biaya cetak dengan printer inkjet. Dengan kata lain, printer jenis inkjet lebih populer dan lebih sering digunakan dibandingkan printer laser.

Solusi Cetak Cepat

Urusan cetak mencetak tidak selamanya lancar. Ada kalanya printer bermasalah sehingga proses mencetak jadi terhambat. Berikut beberapa permasalahan yang sering dihadapi printer:

  1. Catridge mengering sehingga tinta tidak dapat keluar
  2. Paper jam atau kertas tersangkut pada roller
  3. Kabel penghugung printer dengan perangkat komputer rusak
  4. Listrik mati sementara dokumen harus segera dicetak

Menghadapi masalah – masalah tersebut, terutama mendekati deadline sungguh bukan hal yang membahagiakan. Solusi paling cepat adalah dengan menemukan jasa layanan cetak terdekat dan bila perlu yang buka hingga 24 jam. Pergunakan internet untuk memperoleh informasi tentang penyedia jasa dengan lokasi terdekat dan kualitas yang terjamin.

Penyedia jasa memberikan keleluasaan kepada pelanggannya untuk melakukan pencetakan dokumen sendiri. Pelanggan dapat mengakses dokumen yang dimiliki dengan menggunakan komputer yang tersedia. Sehingga dokumen dapat diperiksa kembali dan diedit sebelum dicetak.

Untuk proses pencetakan pun diberikan alternatif pilihan. Yaitu menggunakan printer inkjet atau printer laser. Mencetak dengan tinta warna atau hitam putih. Mencetak diatas kertas berukuran A3, A4, atau kuarto. Biaya yang harus dibayarkan untuk pencetakan akan dihitung berdasarkan jenis printer, penggunaan tinta, serta berapa lembar kertas yang digunakan dalam proses cetak dokumen.

 



Sumber:  Berbagai Sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: