Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Industry

Cara Merawat Printer Agar Awet

Semakin hari, teknologi maupun barang-barang elektronik terus-menerus diperbarui dan ditingkatkan, dengan model terbaru yang lebih baik dari versi sebelumnya, termasuk di dalamnya printer. Namun, meskipun printer generasi terbaru memiliki kemampuan yang lebih mengesankan daripada seri sebelumnya, printer tetap terkenal karena seringkali membuat penggunannya mendapatkan masalah ketika hendak ngeprint, seperti kertas yang nyangkut saat ngeprint ataupun permasalahan printer yang tidak terkoneksi dengan baik. Dengan sedikit pengetahuan tentang cara membersihkan printer, Anda dapat menghindari kertas macet dan kesalahan pencetakan yang sering membuat printer susah untuk digunakan. Bagi Anda pemilik usaha layanan printing, berikut adalah lima tips untuk perawatan printer yang dapat membantu menjaga printer all-in-one Anda berjalan lancar dan dokumen cetak Anda terlihat profesional dan bersih.

Berhati-hatilah

Kapan saja Anda diminta untuk membuka printer untuk pemeliharaan, matikan printer terlebih dahulu dan jauhkan tangan Anda dari komponen panas dan bagian yang bergerak di dalam printer. Hal ini akan mencegah kerusakan printer maupun kepada Anda.  

Bersihkan Kepala Printer

Pada saat tertentu, Anda mungkin melihat dokumen keluar dari printer dengan garis putih melintasi teks atau gambar yang meskipun cartridge sudah penuh. Anda harus curiga bahwa kepala printer tersumbat dan perlu dibersihkan. Anda dapat melihat buku panduan printer atau mengunjungi situs web pabrikan untuk mencari tahu cara membersihkan kepala printer sesuai serinya. Anda dapat membersihkan hanya dengan beberapa klik, atau juga dapat dibersihkan secara manual.  

Bersihkan debu

Adanya debu, dan kotoran di dalam printer dapat menyebabkan garis-garis tinta muncul diatas kertas dan juga membuat printer macet. Anda bisa memperbaiki dengan cara menggunakan vakum kecil daripada menggunakan lap. Untuk membersihkan cartridge, Anda bisa menggunakan kapas dan air bersih. Biasanya terdapat instruksi khusus dari pabrikan, dimana  Anda harus berhati-hati dalam membersihkan cartridge karena beberapa bagian dari cartridge tidak seharusnya dibersihkan.

Hati-hati bertindak ketika printer mulai bermasalah

Seperti kebanyakan produk printer, printer Anda akan bertahan lebih lama jika dirawat dengan baik. Daripada terjadi printer macet dan memaksa menarik kertas keluar, sebaiknya Anda melihat instruksi yang diberikan bersama printer untuk menemukan cara terbaik untuk memperbaiki kerusakan atau kemacetan. Beberapa hal yang dapat Anda praktekkan adalah menggunakan kedua tangan untuk perlahan menarik kertas yang macet keluar dari printer, hal ini untuk menghindari kertas sobek di belakang atau merusak bagian internal atau dalam printer.

Investasikan peralatan untuk perawatan

Sebaiknya Anda menginvestasikan sedikit uang untuk memesan perangkat atau peralatan untuk perawatan printer. Beli suku cadang asli sesuai pabrik printernya, hal ini untuk berjaga-jaga ketika printer menunjukkan tanda keausan. bersedia mengeluarkan sedikit uang untuk memperpanjang umur pencetak Anda, Anda dapat memesan perangkat pemeliharaan dari pabrik printer Anda ketika suku cadang asli mulai menunjukkan tanda-tanda keausan.


Tentu saja, tidak ada printer yang sempurna, akan ada kejadian printer macet, ataupun kerusakan lainnya. Tetapi dengan pengetahuan Anda mengenai cara merawat printer yang dapat Anda lakukan sendiri, dapat membantu mengurangi terjadinya beberapa masalah dalam printer. Namun saat urgent dan printer Anda belom bisa diperbaiki, Anda bisa menggunakan layanan  print online yang cepat, mudah dan berkualitas. Anda tidak perlu bingung lagi mencari dimana layanan cetak dokumen, karena dengan Aplikasi PrinterQoe, Anda dapat mencari lokasi printer terdekat dengan mudah. Setelah mendaftarkan diri di PrinterQoe, Anda dapat melakukan proses pemesanan dan pengiriman dokumen dengan memanfaatkan cloud, serta melakukan pembayaran langsung ke Merchant yang terdaftar di PrinterQoe.

 


Baca Juga : Ingin Mendapatkan Hasil Print Berkualitas? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!


  Printer

Sumber:  Berbagai Sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: