Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Awal Mula Kalender

Pernahkah Anda membayangkan hidup tanpa adanya kalender? Anda tidak tahu pasti hari dan tanggal, yang hanya anda tahu hanyalah pergantian siang dan malam, dari terbitnya matahari hingga tenggelam dan munculnya bulan. Bagaimana Anda menandakan moment bersejarah hidup Anda tanpa adanya kalender? Coba Anda bagikan di kolom komentar, bagaimana rasanya bila hidup tanpa kalender. Namun sebelum memberikan komentar, PrinterQoe akan memberikan informasi singkat perihal asal muasal kalender.


Sejarah Hadirnya Kalender.

Tahukah Anda kalender yang dipakai hingga saat ini disebut kalender Gregorian? Kalender Gregorius atau Kalender Gregorian adalah kalender yang paling banyak dipakai di Dunia Barat. Kalender ini merupakan modifikasi dari Kalender Julius. Kalender Gregorian pertama kali diusulkan oleh Dr. Aloysius Lilius dari Napoli, Italia, dan disetujui oleh Paus Gregorius XIII, pada tanggal 24 Februari 1582.


Sejarahnya tidak terlepas dari sejarah Romawi Kuno. Kalender Masehi adalah kalender yang mulai digunakan oleh umat Kristen awal. Mereka berusaha menetapkan tahun kelahiran Yesus atau Isa Almasih sebagai tahun permulaan (tahun 1). Model penanggalan Gregorian sejatinya adalah penyempurnaan dari kalender Julian yang telah lebih dahulu dipakai. Keduanya sama-sama menggunakan perhitungan pergerakan matahari yang menggunakan kelahiran Yesus sebagai penanda dimulainya tahun pertama.


Berdasarkan Catatan National Geographic terkait sejarah penanggalan ini, kala itu mayoritas Eropa masih menggunakan penanggalan Julian yang diperkenalkan oleh Julio Cesar pada 46 SM dengan perhitungan satu tahun adalah 365,25 hari atau 365 hari dan 6 jam. Akibatnya, ada penambahan hari setiap beberapa tahun untuk mengakumulasi perbedaan 11 menit 14 detik karena perputaran bumi terhadap matahari hanya berlangsung selama 365 hari 5 jam 48 menit dan 46 detik.


Lama kelamaan, datangnya musim semi di Roma tak bersamaan lagi dengan perayaan Hari Paskah karena perbedaan perhitungan tersebut. Maka, Paus Gregorius XVIII di masa kepemimpinannya memperbaiki penanggalan Julian dengan meluncurkan sistem penanggalan Gregorian yang masih berdasar pada perhitungan Masehi dan nama-nama bulan yang sama.


Kembali ke Aloysius Lilius, orang yang pertama kali mengusulkan Kalender Gregorius, Lilius adalah seorang astronom dan dokter dari Ciro yang saat ini masuk dalam bagian negara Italia. Setelah ia meninggal dunia, pekerjaannya dilanjutkan dan disempurnakan oleh ahli matematika dan astronom Christopher Clavius asal Jerman. Hasilnya kemudian menjadi dasar reformasi kalender Gregorian dari tahun 1528, seperti dijelaskan August Ziggelar SJ dalam The Papal Bull of 1582 Promulgating A Reform of The Calendar.

The Papal Bull atau Inter Gravissimas yang memuat maklumat tersebut resmi dikeluarkan pada 24 Februari 1582. Paus memerintahkan para rohaniawan Katolik juga seluruh jajaran tertinggi Gereja Katolik mengadopsi sistem kalender baru tersebut.


Laporan Matt Rosenberg pada situs Geography About menyatakan bawa kabar perubahan kalender ini disebarluaskan di seluruh daratan Eropa. Di Asia, Jepang juga pada akhirnya mengadopsi penanggalan Gregorian pada 1873 sebagai bagian dari Westernisasi Meiji.

Pada 1875, Mesir juga menerapkan penanggalan Gregorian. Albania, Bulgaria, Estonia, Latvia, Lithuania, Rumania, dan Turki menyesuaikan antara 1912 hingga 1917. Uni Soviet pada 1919, Yunani pada 1928. Cina yang notabene memiliki penanggalan sendiri telah mengganti kalendernya ke Gregorian pada tahun 1949.


Nah itu tadi uraian singkat soal asal muasal kalender, tepatnya kalender masehi, yang saat ini kita gunakan. Lantas apa sih manfaat kalender dalam kehidupan sehari-hari?


Pertama, sebagai penanda yang dapat dipajang di ruang kerja atau meja kerja, di rumah bahkan di jam Anda. Kalender merupakan penanggalan yang fungsional. Kalender berfungsi  untuk mengingatkan Anda mengenai tanggal, bulan dan tahun. Apabila Anda tidak ingin membeli, Anda bisa membuat desain kalender sendiri ataupun mencari contohnya di internet untuk selanjutnya di cetak lewat jasa pencetakan dokumen yang tersedia di PrinterQoe. Dengan kualitas cetak yang berkualitas, Anda dapat mencetak kalender yang bisa digunakan oleh Anda sendiri ataupun dibagikan kepada rekan bisnis.


Kedua, sebagai media promosi. Dengan kalender, Anda bisa mempromosikan usaha baik itu berupa produk barang maupun jasa. Produk barang dan jasa yang Anda miliki dapat disematkan ke dalam desain kalender. Mulai dari bulan Januari hingga bulan Desember,  produk barang ataupun jasa milik Anda dapat dilihat selama 1 tahun. Dengan media promosi ini, orang yang mendapatkan kalender dapat mengingat usaha yang Anda miliki. Apalagi menjelang akhir tahun, tentu banyak pelaku bisnis yang mulai membuat kalender tahun 2019. Kalender menjadi media promosi yang tepat lantaran biaya produksinya murah, simpel dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.


Mengapa biaya produksi kalender murah?

Karena Anda bisa menggunakan PrinterQoe sebagai sarana untuk pencetakan dokumen kalender Anda secara online.


Mengapa PrinterQoe?

Karena PrinterQoe merupakan platform pencetakan dokumen yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan cetak dokumen penting melalui PrinterQoe, Anda akan mendapatkan beragam informasi akurat mengenai harga dan jasa printing dokumen secara online, serta hasil print dijamin berkualitas. Sudah bisa di download di Google Play dan App store, kini mencetak dokumen bisa dilakukan di lokasi yang terdekat dengan Anda.



Baca Juga : Inspirasi Printed Merchandise untuk Promosi



Sumber:  Berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: