Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Profesionalisme

Apakah CV dengan 2 Halaman Bagus?

Anda ingin melanglang buana ke kantor baru atau fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan baru? Tentu membutuhkan waktu untuk memperbaharui curriculum vitae (CV) agar menarik perhatian bagi para HRD. Namun sebelum Anda menambahkan keterampilan dan prestasi terbaru dan terbaik, Anda mungkin bertanya-tanya apakah membuat CV dengan dua halaman akan lebih efektif? Jawabannya adalah subjektif. Di era digital saat ini, dimana CV tidak selalu dikirimkan di atas kertas telah membuka opini baru terkait CV lebih dari satu halaman.

Terdapat beberapa pertimbangan yang dapat Anda pikirkan, diantaranya:

Kuantitas Sama dengan Kualitas

Ketika Anda berevolusi dalam karir, Anda akan menemukan bahwa hal-hal yang dulu relevan di dalam CV, saat ini tidak lagi. Misalnya, jika Anda telah berkarier beberapa tahun atau berganti karier, Anda tidak perlu mendaftar setiap tugas untuk setiap posisi. Belajar untuk mengenali ketika mengorbankan kuantitas pengalaman Anda, akan berdampak pada kualitas pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki cukup pengalaman, pelatihan, dan kredensial yang relevan terkait dengan posisi untuk ditampilkan di lebih dari satu halaman CV, maka lakukanlah. Namun hal ini juga bukan berarti mencantumkan setiap program kuliah yang Anda ikuti dan sertifikasi yang Anda peroleh.

Apabila CV Anda lebih dari satu halaman, lebih baik ceritakan kisah yang bagus seperti misalnya Anda mampu meningkatkan produktivitas sebesar 25% atau menyoroti perubahan proses untuk beberapa tim di beberapa perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Jika Anda dapat mengukur secara ringkas pencapaian Anda untuk memberi tahu bagaimana Anda membuat peran, pekerjaan, proyek, atau tugas dengan lebih baik dan Anda memerlukan lebih dari satu halaman untuk mendemonstrasikannya secara efektif, maka gunakanlah waktu dan tempat tersebut.

Ruang Konten Tidak Lagi Terbatas

Anda telah mengedit, memperkecil ukuran font, menyesuaikan margin, dan kotak teks yang terikat untuk mematuhi aturan satu halaman. Setelah mencapai tahap ini, Anda dapat melanjutkan dan mengganti CV Anda ke lebih dari satu halaman.


Bagaimana dengan Ruang Ekstra?

Jika teks pada halaman kedua hanya satu atau dua baris, Anda mungkin ingin mempertimbangkan memformat ulang dan tetap berpegang pada aturan satu halaman. Jika tidak, jangan terlalu khawatir tentang ruang ekstra di halaman kedua. Perekrut memiliki rentang perhatian yang pendek dan tidak ingin memindai lebih banyak informasi daripada yang seharusnya.

Namun jika Anda merasa harus mengisi ruang itu, bersikaplah strategis dan pastikan informasinya relevan. Jika Anda belum melakukannya, tambahkan informasi tentang kepemimpinan Anda, organisasi, pekerjaan sukarela, hobi, atau kegiatan olahraga. Ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki kehidupan di luar pekerjaan dan memberikan beberapa wawasan tentang kepribadian Anda. Tak hanya membuat CV dalam bentuk teks namun juga bisa menggunakan diagram, lingkaran, garis waktu dan grafik.


Untuk Anda yang ingin mencetak dokumen ukuran A4 dan A3 dengan berbagai pilihan fasilitas tambahan seperti penjilidan, laminating, hard cover, dan sebagainya, Anda bisa menggunakan layanan print online PrinterQoe. Di Aplikasi PrinterQoe, Anda dapat lebih mudah mencari lokasi printer terdekat, lalu mengupload data yang ingin dicetak ke dalam Aplikasi PrinterQoe. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran serta mengambil langsung dokumen ke tukang fotokopi. PrinterQoe juga memberikan harga cetak dokumen yang terjangkau kantong mahasiswa maupun pekerja, dengan hasil yang berkualitas. Kini tak hanya dapat diakses melalui website, PrinterQoe juga bisa diakses melalui handphone dengan cara download di Google Play dan App Store.




Sumber:  Berbagai Sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: