Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

Alasan Ilmiah Mengapa Buku Banyak Disukai Orang

Di masa yang semuanya serba digital ini pamor buku cetak tidak lantas pudar. Ebook memang bisa memuaskan penggunanya dengan variasi bacaan yang luas hanya berbekal gadget, namun buku punya kekuatan magisnya sendiri.


Dr. Matthew H. Schneps, direktur dari the Laboratory for Visual Learning, sebuah kolaborasi antara the University of Massachusetts Boston dan MIT, mengatakan kepada CBS News bahwa banyak orang menyukai wujud, bau serta rasa yang timbul ketika memegang buku. Karena itu mereka selalu ingin merasakan pengalaan membaca buku dalam bentuk fisiknya. Berbeda bila orang yang akan Anda beri hadiah adalah penyuka gadget maka ebook bisa menjadi pengalaman yang berbeda.


Aktivitas membaca buku mempengaruhi kerja otak

Sama halnya dengan proses menulis dengan tangan yang membuat informasi yan9 dituliskan menempel di otak, begitupun halnya dengan mambaca. Menyentuh dan membolak balik lembar halaman pada buku maupun surat kabar atau majalah pun diyakini berpengaruh kepada kemampuan otak untuk memperkuat daya ingat dan juga fokus.   


Membaca buku mengurangi beban pada mata 

Bahan bacaan cetak membantu orang dengan masalah pada mata dan kesulitan tidur karena tidak memancarkan cahaya yang menyilaukan. Karena tanpa disadari cahaya yang dihasilkan dari layar gadget ketika Anda membaca ebook dan semacamnya berpotensi untuk membuat mata Anda kelelahan. Seorang spesialis dibidang membaca dan pendidikan di Australia, Dr. Margaret K. Merga mengatakan bahwa cahaya buatan yang dipancarkan dari alat perangkat baca elektronik dapat brpengaruh terhadap kesehatan karena membuat orang sulit tidur.


Meski begitu, perangkat elektronik juga punya sisi baik khususnya bagi para penderita dyslexia yang memiliki kesulitan membaca urutan huruf demi huruf. Kemampuan perangkat elektronik untuk menyesuaikan besaran font dan jarak antar huruf membuat aktivitas membaca menjadi lebih mudah bagi mereka.      


Nilai plus lain yang bisa Anda dapatkan dari sebuah buku antara lain

  • Bisa mengutip ungkapan atau dialog yang berkesan dari sebuah adegan

  • Bisa dijadikan hadiah dan sifatnya lebih personal

  • Bisa saling bertukar atau pinjam sesama penyuka buku

  • Contoh yang bagus bagi yang punya anak kecil untuk menanamkan kecintaan terhadap buku sedari dini

  • Terakhir adalah bermanfaat sebagai bagian dari interior rumah yang bisa menimbulkan kesan berkelas bagi si empunya.


Apapun cara dan alasannya, yang jelas membaca buku adalah kebiasaan baik yang perlu selalu dihidupkan. Buat Anda pribadi lebih suka membaca buku asli atau melalui gadget? Silahkan tinggalkan komentar Anda :)











    




  buku

Sumber:  cbsnews.com; inc.com



Reaksi Anda:





leave your comments: