Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Profesionalisme

Akhiri Email Anda dengan Kesan yang Baik

Ada awalan pasti ada juga akhiran. Body email yang sudah dibuka dengan baik diikuti dengan isi pesan yang tertata baik selalu membutuhkan penutupan yang tepat. Pada artikel sebelumnya sudah dijabarkan mengenai kata sapa apa yang bisa dan boleh digunakan untuk keperluan mengirim email profesional maupun informal.


SELENGKAPNYA: Kata Sapa Apa yang Pas dalam Penulisan Email


Nah untuk melengkapi agar pengetahuan Anda mengenai tata cara menulis email yang bisa diterima oleh kalangan bisnis maupun profesional, kali ini pembahasan kita akan fokus kepada kata atau kalimat penutup untuk mengakhiri email.  


Kata penutup untuk mengakhiri email

Ada begitu banyak variasi kata dan atau kalimat pembuka serta penutup memungkinkan Anda untuk menyesuaikan penggunaannya. Jadi ada baiknya bila kalimat penutup ini tidak Anda sertakan ke dalam signature yang sudah Anda atur secara otomatis. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengganti-gantinya sesuai dengan orang yang dituju.   



  • 'Yours faithfully' merupakan kalimat penutup ala British yang boleh digunakan bila Anda tidak mengetahui siapa nama penerimanya.  


  • 'Yours truly' adalah kalimat penutup ala Amerika yang juga digunakan ketika Anda mengawali email tanpa menyebutkan nama orang yang dituju.


  • 'Yours sincerely' atau 'Sincerely yours' digunakan untuk mengakhiri email resmi dengan kejelasan siapa nama penerima serta jabatannya.


  • 'Best regards' paling sering ditemui sebagai penutup email. Kalimat ini boleh dipakai pada email formal maupun tidak formal. Anda juga bisa membubuhkan kalimat ini misalnya di dalam kartu ucapan.


  • 'Kind regards disarankan digunakan pada email profesional atau email bisnis dimana Anda merasa nyaman dengan orang yang dituju. Namun sebaiknya tidak digunakan untuk email korspondensi pribadi.


  • 'Regards,' dan 'All the best' cenderung untuk menutup email yang pendek dan akrab kepada rekan, teman dan atau saudara.


  • 'Warm regards' tepat Anda gunakan bila isi email yang dikirimkan sifatnya lebih hangat seperti ucapan selamat hari raya atau ungkapan bela sungkawa.


Coba lihat lagi draft email Anda, apakah sudah menyertakan kalimat penutup yang tepat? Atau malahan justru Anda lupa menuliskannya? Check and recheck keseluruhan email sebelum dikirim itu penting lho.


BACA JUGA: Profesionalisme Bisa Dilihat Dari Cara Menulis dan Mengirim Email

 



  email

Sumber:  ef.co.id; emailsignaturerescue.com



Reaksi Anda:





leave your comments: