Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Technology

Mudahnya ngePrint di Era Digital

Bayangkan jika kita harus menyalin ratusan atau bahkan ribuan dokumen yang dibutuhkan dalam satu hari? Apalagi dokumen-dokumen tersebut berkaitan dengan kebutuhan kantor dan pekerjaan. Rasanya sulit untuk menyelesaikannya tanpa bantuan mesin yang satu ini.

 

Ya, mesin tersebut adalah mesin cetak atau yang biasa disebut printer. Printer merupakan perangkat keras yang terhubung langsung dengan komputer. Printer dapat mencetak tulisan maupun grafik ke media kertas atau sejenisnya dengan berbagai macam ukuran. Printer dapat mencetak dokumen dalam jumlah besar sekaligus.


Salah satu perusahaan teknologi, Hewlett-Packard (HP), mengklaim telah menciptakan printer tercepat yang dapat mencetak dokumen sebanyak 70 halaman permenit dengan kualitas tinggi. Namun tahukah Anda sejarah printer itu sendiri?


Adalah Johannes Gutenberg, seorang pengusaha asal Jerman, yang pertama kali mengembangkan teknologi mesin cetak atau printer pada awal tahun 1950-an. Lalu, pada tahun 1957, perusahaan IBM mengeluarkan printer yang diberi nama Dot Matrix. Printer ini dikenal dengan suaranya yang keras dan tintanya yang tahan air. Hasil cetakan yang dihasilkan adalah titik-titik yang saling berhubungan.


Memasuki tahun 1956, teknologi printer InkJet mulai berkembang. Printer jenis ini menggunakan tinta cair sebagai bahan baku pencetaknya. Hasil cetakannya jauh lebih bagus dan halus dibanding Dot Matrix, selain itu printer ini dapat menghasilkan cetakan berwarna dengan jenis tinta yang dapat dimodifikasi. Printer jenis InkJet ini baru dapat digunakan masyarakat luas di tahun 1988.


Perkembangan printer selanjutnya datang dari seorang engineer Xerox, Gary Starkweather. Starkweather mengadopsi teknologi mesin fotokopi Xerox dan menambahkan teknologi laser ke dalam inovasi printer-nya. Produk printer laser xerographic Xerox 9700 Electronic Printing System, begitu namanya, diluncurkan perusahaan Xerox di tahun 1977.

 

Printer laser ini dikenal lebih unggul dibandingkan dengan jenis printer sebelumnya. Komponen utamanya bernama photoreceptor yang dapat membentuk pola menggunakan muatan listrik. Printer ini dapat mencetak hingga 10 lembar kertas permenit dengan hasil cetakan yang lebih cepat kering. Sayangnya, harga printer laser tergolong mahal.


Printer telah menjadi kebutuhan tiap lapisan masyarakat untuk mendukug segala aktivitas baik di perkantoran, sekolah, maupun masyarakat umum dengan berbagai macam ukuran cetak. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana untuk menjawab kebutuhan pencetakan dokumen yang cepat di manapun dan kapan pun?


Era digitalisasi yang ditandai dengan berkembangnya penggunaan internet seperti sekarang ini, segala macam bentuk aktivitas bisa menjadi sangat mudah, termasuk aktivitas cetak mencetak dokumen. Adalah PrinterQoe.com yang bisa menjadi solusi untuk kemudahan printer di manapun dan kapanpun untuk mendukung mobilitas Anda sehari-hari.


PrinterQoe adalah platform yang menghubungkan semua printer di seluruh Indonesia secara online untuk menjawab kebutuhan pencetakan dokumen. Ribuan printer yang telah menjadi rekanan PrinterQoe, dapat diakses dengan mudah hanya dengan mengirimkan dan mengunggah dokumen kemudian membayar langsung di rekanan PrinterQoe yang terdekat dengan Anda. Sekarang, mencetak dokumen dapat dilakukan di mana pun dengan mudah pada jaringan printer di PrinterQoe.com



Sumber:  berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: