Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

8 Kertas Premium untuk Printing Berkualitas

Ada begitu banyak variasi produk printing yang secara otomatis juga melejitkan indutri kertas di dunia. Anda tidak akan percaya betapa beragamnya jenis dan tipe kertas yang diproduksi berbagai pabrik di berbagai negara. Ingin bukti? Kunjungi saja toko buku terdekat. Apakah Anda ingin mencetak kartu nama, foto, atau dokumen biasa saja, itu berpengaruh terhadap jenis kertas yang dipakai. Agar semakin memperluas wawasan tentang variasi kertas yang ada, simak yuk kertas premium apa saja sih yang bisa ditemui di pasaran.    


  1. Pemium Glossy Photo Paper

Jenis kertas yang juga biasa disebut dengan high glossy ini merupakan kertas yang digunakan untuk menyetak photo beresolusi tinggi.  Permukaan kertasnya halus dan sangat mengkilap sehingga dapat memantulkan cahaya. Karena sifatnya yang glossy itu tadi, kertas ini cenderung mudah lengket, rawan gores dan berbekas sidik jari.


  1. Laster Photo Paper

Laster photo paper biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter karena jenis kertas ini sangat awet bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk menjadi ciri khas yang membedakannya dengan jenis kertas foto lain. Karakter yang juga menjadi kelebihan dari jenis kertas ini hasil cetak tidak mudah pudar, mampu menghasilkan efek doff, dan sangat cocok untuk photo dengan resolusi tinggi.


  1. Aquarello

Tone warna kertas Aquarello lebih kuning dari pada jenis-jenis kertas lain, dan jika diraba akan lebih terasa lagi tekstur garis horizontal pada kedua sisinya. Jenis kartu seperti ini cocok untuk digunakan sebagai bahan printing berbagai jenis kartu, seperti  kartu nama, kartu ucapan hingga kartu undangan.


  1. Tintoretto

Kertas Tintoretto ini memiliki tekstur yang menyerupai kulit jeruk dan banyak digunakan untuk keperluan cetak undangan, sertifikat hingga bebagai kebutuhan printing bahan marketing lainnya. Biasanya orang memilih warna broken white atau off white untuk dijadikan kartu nama, namun masih ada pilihan warna lain seperti krem bila memang dibutuhkan.


  1. Splendorgel

Splendorgel adalah jenis kertas paling favorit di kelas premium dengan permukaan halus pada kedua sisinya. Dengan warna dasar putih, kertas jenis ini ideal untuk pengaplikasian blok warna. Karakter kertas yang lembut membuat Splendorgel cocok untuk dijadikan material cetak berbagai macam produk diantaranya kartu nama, greeting card, kartu undangan, hingga kertas untuk mencetak foto.


  1. Linen

Jenis kertas linen terbagi menjadi dua yaitu linen Jepang (lokal) & linen Holland (impor). Tampilan kertas linen ini sangat mirip dengan kertas buffalo yang terkesan memiliki permukaan yang kasar, sehingga terkadang bisa membingungkan bagaimana membedakannya. Jenis kertas linen selain bisa digunakan untuk kartu nama juga bisa digunakan untuk membuat cover agenda, notes atau buku.


  1. Nettuno

Kesan artistik pada jenis kertas ini didapatkan dari tekstur  garis-garis yang mirip dengan ciri pada jenis kertas Aquarello. Bila digunakan sebagai kartu nama dan dipadankan dengan desain logo maupun tulisan yang minimalis akan terlihat bagus digunakan oleh corporate maupun perseorangan. Selai itu kertas Nettuno juga bisa digunakan untuk mencetak kalender, daftar menu, atau lembaran brosur.


  1. BW

Kertas BW (Blues White ) juga dikenal sebagai kertas BC atau kertas manila dengan karakter yang lebih mirip kertas gambar, sedikit kaku namun mudah ditulisi. Pilihan ketebalan kertas BW ini dimulai dari 160 gsm, 220 gsm, dan 250 gsm sehingga bisa disesuaikan menjadi kartu nama, booklet ataupun kalender.


Baca juga: Mudahnya ngePrint di Era Digital

 





 







Sumber:  berbagai sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: