Breaking

Fingerprint
IP PUBLIC
IP PRIVATE
Printing

7 Tips Memilih Tinta Print Berkualitas

Tinta print adalah salah satu perlengkapan printer yang memiliki peranan sangat vital. Sebuah printer tentu sulit mencetak dokumen tanpa menggunakan tinta print. Maka dari itu, penting sekali memilih tinta print berkualitas, selain menghasilkan cetakan dokumen yang berkualitas juga tidak membuat kerusakan pada printer.


Pentingnya Memilih Tinta Print Berkualitas

Bagi kalian yang masih awam mengenai tinta print, tentu kebingungan saat tiba-tiba saja tinta print di rumah atau dikantormu habis. Meskipun demikian, jangan sampai kamu salah memilih atau membeli tinta print karena bisa berakibat sangat fatal. Karena itulah, kamu harus memilih tinta printer berkualitas dengan mengikuti tips-tips berikut ini:

1.  Perhatikan Jenis Merk Tinta

Merk tinta merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan saksama ketika kamu memilih tinta printer. Pastikan tinta printer yang dibeli bermerk sama seperti jenis printer yang digunakan. Jika kalian memilih tinta yang merknya berbeda dari merk printer yang digunakan, kemungkinan bisa menimbulkan kerusakan pada printer, sebab bisa saja tinta tersebut terlalu kental atau terlalu encer. Untuk itu, penting sekali memilih jenis tinta print yang merknya sama seperti merk printer yang kamu gunakan.

2.  Perhatikan Tingkat Kepekatan Printer

Kekentalan tinta print ini sangat berpengaruh bagi printhead, apabila tinta print erlalu kental bisa menyebabkan nozzle atau head printer tersumbat. Kamu harus memilih printer dengan tingkat kekentalan yang wajar, tak terlalu bening dan tak terlalu kental.

3.  Perhatikan Harga Tinta

Tinta yang biasanya ditawarkan di toko peralatan komputer, biasanya dibanderol dengan harga yang bervariasi tergantung dari merk hingga kualitas tinta print itu sendiri. Sebaiknya hindari memilih tinta print yang berharga murah, sebab tinta print yang murah belum tentu termasuk tinta original dan dikhawatirkan bisa merusak printer kamu. Sebaiknya pastikan tinta print yang kamu pilih adalah tinta print original.

4.  Perhatikan Kemasan Tinta

Kemasan pembungkus tinta print yang dibeli pasti disertai keterangan yang menyatakan bahwa tinta print tersebut benar-benar kompatible dengan jenis printer apapun. Karena itu, pastikan tinta yang kalian beli juga bisa mendukung penggunaan jenis printer yang digunakan. Dukungan kompatibilitas tinta print tersebut penting sekali sebab bisa berpengaruh terhadap kemampuan printer yang digunakan.

5.  Teliti Komposisi Bahan Pada tinta

Banyak jenis tinta yang dijual di pasaran dengan kandungan bahan yang bervariasi. Ada jenis tinta dengan kandungan air, ada pula yang di dalamnya mengandung alkohol. Karena itu, sebaiknya hindari membeli tinta yang berbahan alkohol sebab bisa merusak jenis printer yang digunakan. Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah tinta tersebut mengandung alkohol atau tidak? Caranya cukup mengocok kemasan tinta, dan bila ada gelembung namun gelembung tersebut cepat hilang maka tinta print tersebut aman digunakan tapi jika sesudah dikocok ada gelembung dan sulit hilang, itu biasanya mengandung alkohol.

6.  Bertanya Pada Penjual

Ini termasuk cara yang cukup manjur, Anda bisa bertanya langsung kepada piihak penjual sebelum Anda membeli tinta. Ada baiknya Anda menanyakan jenis tinta atau merek tinta berkualitas yang sesuai dengan merk printer Anda.

7.  Konsultasi

Hal paling penting ialah berkonsultasi terlebih dulu. Konsultasikan ke orang-orang yang berpengalaman dan sudah lama memakai printer serta sudah mengganti ulang tinta printnya hingga berkali-kali. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan referensi dan rekomendasi tinta print berkualitas yang cocok untuk printermu.


Memilih tinta print merupakan hal yang penting sekali dilakukan sebab pemilihan tinta yang tidak tepat bisa berakibat fatal bagi printer yang kamu gunakan. Bahkan bisa memperpendek umur pemakaian printer, selain itu juga bisa membuat hasil cetakan dokukmen menjadi tidak sesuai keinginan. Maka dari itu, pastikan kamu membeli tinta print original dan berkualitas sesuai jenis dan merk printer yang digunakan. Hindari memilih tinta printer yang berharga murah tapi tidak berkualitas.


Itulah tips yang harus diperhatikan saat memilih tinta print berkualitas dan bagus. Tips-tips di atas setidaknya dapat membantu kamu membeli tinta yang sesuai dengan jenis printer yang digunakan. Ini penting sekali bagi kalian yang awam memakai printer ataupun memilih jenis tinta printer yang sesuai dengan printer yang kamu gunakan.


Akan tetapi, jika ternyata kamu harus mencetak dokumen dalam waktu yang cepat tapi tinta printer yang kamu gunakan habis dan sulit mencari toko yang jual tinta print berkualitas, tenang saja. Kini ada PrinterQoe.com yang bisa kamu percayakan untuk kebutuhan mencetak dokumen berkualitas secara online, khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya!



Sumber:  Berbagai Sumber



Reaksi Anda:





leave your comments: